Pertama Digelar, Transaksi Pameran Buku dan Multi Produk Tembus Rp 1 Miliar

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disperpuska) Batang telah sukses menggelar Pekan Raya Batang (PRB)

Pertama Digelar, Transaksi Pameran Buku dan Multi Produk Tembus Rp 1 Miliar
DINA INDRIANI

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disperpuska) Batang telah sukses menggelar Pekan Raya Batang (PRB) yaitu pameran buku dan multi produk.

Kegiatan yang pertama kalinya digelar tersebut berhasil menembus transaksi hingga Rp 1 Miliar.

Kepala Disperpuska Batang, Rahmat N Fadillah, penyelenggaraan PRB hanya menggunakan dana APBD Rp 70 juta namun mampu menggerakkan keuangan mencapai Rp 1 Miliar.

"Untuk penyelanggaraan pameran buku dengan budget APBD Rp.70 juta tapi mampu dan sukses memggerakan keuangan mencapai Rp. 1 miliar," tuturnya, usai penutupan Pekan Raya Pameran buku dan multi produk Selasa ( 6/8/2018) malam.

Rahmat mengatakan, pameran tersebut sudah memenuhi target dengan rincian 40 persen pembelian buku dan 60 persen untuk multi produk dan kuliner.

Kepala Disperpuska Kabupaten Batang Rahmat Nutil Fafdilah Foto bersma dengan pemenang hasil lomba pada Pameran buku dan pameran multi produk, Senin (6/8/2018) malam.
Kepala Disperpuska Kabupaten Batang Rahmat Nutil Fafdilah Foto bersma dengan pemenang hasil lomba pada Pameran buku dan pameran multi produk, Senin (6/8/2018) malam. (DINA INDRIANI)

"Alhamdulilah Pameran Buku dan multi produk sudah memenuhi target Rp. 1 miliar dengan rincian 40 persen pembelian buku, sedangkan 60 persen untuk multi produk dan kulinernya," ujarnya.

Dikatakannya, ada kenaikan transaksi yang sangat luar biasa bila dibandingkan dengan pameran tahun kemarin yang digelar di Gedung Wanita.

Pasalnya dari segi peserta saat di gedung wanita hanya 40 tapi di jalan veteran mencapai 143 peserta pameran.

"Secara omset dan keramaian lebih jauh di Jalan Veteran di bandingkan dengan di Gesung Wanita, karena merupakan jalur utama keramian di Batang," ujarnya

Ia juga meminta kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir dan harus dilaksanakan terus dari tahun ke tahun.

"Ini akan menjadi agenda tahunan guna menerjemahkan dan mengejawantahkan program literasi untuk Kesejahteraan seperti dicanangkan Bappenas, sehingga PRB ini turut memberikan kontribusi bagi explorasi budaya literasi di Kabupaten Batang. Ke depan kita akan mengundang lebih banyak lagi (UMKM) Usaha Mikro Kecil Menengah hasil binaan Dinas Perpustakaa, karena kita memiliki binaan di 35 Perputaan desa yang belum kita libatkan semunya," jelasnya.

Dikatakan juga oleh Rahmat Nurul Fadilah bahwa kegaiatan PRB pameran Buku dan multi produk bisa sukaes karena dukungan dari semua stakeholder dan pihak sponsor serta EO ( Even Organizer ) yang telah membantu dan bekerjasama dengan baik. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help