Talkshow Imunisasi, Dinkes Jateng Beberkan Pentingnya Vaksinasi

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mengadakan talkshow siaran langsung di stasiun radio mengenai pentingnya imunisasi, Selasa (7/8/2018).

Talkshow Imunisasi, Dinkes Jateng Beberkan Pentingnya Vaksinasi
TRIBUN JATENG/BARE KINGKIN KINAMU
Talkshow Dinkes Jateng mengenai imunisasi di radio idola Jalan Soekarno Hatta, Selasa (7/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mengadakan talkshow siaran langsung di stasiun radio mengenai pentingnya imunisasi, Selasa (7/8/2018).

Hal ini merupakan langkah Dinkes Provinsi Jateng supaya masyarakat semakin paham akan pentingnya imunisasi terhadap anak-anak.

"Ada beberapa penyakit menular yang pencegahannya yakni melalui imunisasi, seperti difteri, tetanus, batuk rejan, polio, meningitis, hepatitis B, campak, cacar, rubella dan sebagainya," jelas Kadinkes Provinsi Jateng, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes, saat saat siaran langsung di radio.

Kali ini, warga Jawa Tengah bisa bertanya langsung melalui twitter, Whatsapp, dan telepon saat Dinkes on air melalui radio yang terlerak di Jalan Soekarno Hatta Semarang.

Selain Yulianto Prabowo, narasumber yang dihadirkan pada sesi ini yakni dokter spesialis anak RSUP Kariadi dr. Hapsari, Sp A.(K), MMDEAH, dan Kasi Surveillance dan Imunisasi, Subur Hadi Marhaento, SKM, M.Kes (epid).

Dengan sosialisasi melalui media radio semua lini masyarakat diharapkan sadar untuk mengimunisasikan anak-anaknya sejak balita.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi tujuan hidup, bukan hanya sekedar pilihan.

“Seharusnya sebelum umur 1 tahun diberi imunisasi dasar lengkap. Tujuan Dinkes Jateng Sasarannya tercover. Ada sebagian kecil yang menolak anaknya diberi imunisasi, karna takut kena DPT dibanding takut kena penyakit difteri,” tutur Yulianto saat on air.

Di tahun ini baik saat Bulan Imunisasi Anak Sekolah maupun saat orangtua memiliki balita, Yulianto berharap semua sadar untuk mau mencegah penyakit menular yakni dengan imunisasi.

Talkshow berdurasi satu jam mulai pukul 15.00 WIB merupakan wujud sosialisasi kepada masyarakat untuk hidup sehat.

“Untuk imunisasi di semarang dari januari sampe juni ada 7 kasus difteri yang meninggal 2. Maka dari itu untuk anak-anak harus diberi imunisasi, kalau bisa mencapai 98% yakni sesuai target Kemenkes RI," tandas Subur saat onair pada talkshow di radio yang letaknya di Jalan Soekarno-Hatta Semarang. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help