Bantu Korban Gempa Lombok, Siswa SDN 38 Madyotaman Solo Kumpulkan Kertas Bekas dan Othok-othok

Mereka datang langsung membawa berbagai kertas, koran dan kardus bekas. Satu per satu, barang bekas itu pun masuk ke mobil PMI Solo

Bantu Korban Gempa Lombok, Siswa SDN 38 Madyotaman Solo Kumpulkan Kertas Bekas dan Othok-othok
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Para siswa SDN 38 Madyotaman, Solo, memainkan Othok-othok dan mengumpulkan mainan tersebut dan juga kertas bekas di halaman SD setempat, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Aksi kepedulian terhadap saudara yang terkena bencana gempa bumi di Lombok, NTB, dilakukan di nyaris semua tempat di Indonesia. Tak terkecuali yang dilakukan oleh para siswa SDN 38 Madyotaman Solo, Rabu (8/8/2018).

Yang berbeda, adalah cara yang dilakukan para siswa tersebut untuk membantu korban gempa Lombok.

Yaitu mengumpulkan kertas bekas dan mainan tradisional Othok-othok. Sumbangan kertas dan mainan Othok-othok ini selanjutnya segera dikirim ke Lombok.

Berdasar pantauan, ratusan siswa SDN 38 Madyotaman, Solo berkumpul di halaman sekolah setempat.

Mereka datang langsung membawa berbagai kertas, koran dan kardus bekas. Satu per satu, barang bekas itu pun masuk ke mobil PMI Solo.

Tak hanya kertas bekas, para siswa juga tampak memainkan mainan tradisional Othok-othok, yang terbuat dari bambu. Sebelum Othok-othok itu dikumpulkan, ratusan siswa memainkannya dengan cara berputar-putar hingga menghasilkan bunyi.

Sekira 10 menit usai dimainkan, Othok-othok itu langsung dikumpulkan di kardus bekas yang terdapat di depan para siswa.

Seorang siswa kelas 5 SD setempat, Yohanan, mengaku senang bisa mengikuti aksi tersebut. Ia ingin mainan itu bisa menghibur anak-anak terdampak bencana gempa bumi Lombok.

"Saya senang ikut berbagi, membantu korban gempa Lombok. Meski bukan uang, tapi saya ingin bisa tetap membuat senang mereka yang kena bencana," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved