Batan Apresiasi Penggunaan Pupuk Organik dalam Varietas Inpari Sidenuk di Kota Semarang

Batan sudah bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Semarang sejak 2017, melakukan monitoring hasil varietas Inpari Sidenuk

Batan Apresiasi Penggunaan Pupuk Organik dalam Varietas Inpari Sidenuk di Kota Semarang
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin
Utusan Batan sedang memonitor hasil pupuk organik yang dibuat oleh masing-masing Balai Penyuluh Pertanian Kota Semarang.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Semarang sejak 2017, melakukan monitoring hasil varietas Inpari Sidenuk di UPTD Kebun Dinas Pertanian Ngaliyan, Kamis (9/8).

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana menjelaskan varietas Inpari sidenuk yang diciptakan oleh Batan diterapkan di sembilan kecamatan di Kota Semarang yakni Mijen, Gunungpati, Banyumanik, Tembalang, Pedurungan, Genuk, Semarang Barat, Tugu, dan Ngaliyan.

"Awalnya 2017 kami diberikan bantuan perbanyakan benih varietas Inpari sidenuk untuk 1 hektar, dan dan pengembangan benih untuk 50 hektar. Kami terapkan di sembilan kecamatan tersebut," tuturnya.

Dikatakan, tahun 2018 bantuan yang berupa benih tersebut kini sudah berkembang seluas 170 hektar.

Dia menuturkan penerapan varietas Inpari sidenuk di sembilan kecamatan tersebut memang sangat menguntungkan para petani.

Pasalnya, dijelaskan, masa tumbuh padi varietas Inpari sidenuk lebih cepat sehingga memungkinkan panen lebih cepat. Selain itu, hasil panen juga lebih banyak dibandingkan dengan varietas biasa.

"Kalau varietas biasa panen padi hanya mencapai lima hingga enam ton per hektar, namun varietas Inpari sidenuk bisa mencapai rata-rata 8,2 ton per hektar," terangnya.

Rusidana juga mengatakan penanaman varietas Inpari sidenuk di sembilan kecamatan tersebut juga dibarengi dengan penggunaan pupuk organik yang diproduksi sendiri sehingga tanahnya gembur dan selalu subur.

Kasubag Pemantauan Evaluasi 1 Biro Perencanaan Batan, Abdul Haris, mengatakan hasil sementara yang dicapai oleh para petani Kota Semarang luar biasa.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help