Keren, Mahasiswa Polines Ciptakan Alat Pengontrol Listrik Berbasis Suara

Mahasiswa Polines, Yulia Inkha Lestari dan Yusa Aditiatama berhasil menciptakan alat pengontrol listrik menggunakan suara.

Keren, Mahasiswa Polines Ciptakan Alat Pengontrol Listrik Berbasis Suara
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Mahasiswa Polines yang menciptakan peralatan listrik berbasis suara sebagai Tugas Akhir Mahasiswa baru baru ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Polines jurusan D3 Teknik Elektronika, Semester 6, Yulia Inkha Lestari dan Yusa Aditiatama berhasil menciptakan alat pengontrol listrik menggunakan suara.

Mereka membuat tugas akhir mahasiswa berupa alat pengontrol listrik berbasis suara karena penggunaan peralatan listrik sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Namun dalam pengontrolannya masih menggunakan cara manual yaitu menggunakan tombol.

Oleh karena itu, muncul ide dimana pengontrolannya dengan menggunakan smartphone android, yaitu menggunakan aplikasi didalam smartphone tersebut.

"Dalam aplikasi ini kita memanfaatkan speech recognition (pengenal suara) dalam aplikasi app inventor, sehingga pengontrolan bisa dilakukan lewat perintah suara,"ucap mahasiswa 21 tahun itu saat ditemui Senin (6/8).

Dia menambahkan, tujuan pembuatan alat ini untuk pengontrol peralatan listrik dirumah menggunakan input berupa perintah suara.

"Alat ini dibuat dengan board arduino genuino 101, dimana didalam boardnya sudah ada bluetooth, dimana bluetooth digunakan untuk komunikasi data antara aplikasi smartphone dengan arduino genuino 101,"pungkasnya.

Dia menjelaskan, dalam praktiknya tersebut, dia menghabiskan dana sekitar Rp 800 ribu mas. Untuk Rp 500 ribu digunakan untuk genuino nya, sedangkan untuk Rp 300 ribu digunakan untuk elektroniknya.

"Harapannya masyarakat bisa mengontrol peralatan listrik cukup dari smartphone dan menggunakan suara. Misalnya, jika mereka sedang bepergian ingin menyalakan atau mematikan listrik cukup dari HP saja," pungkasnya. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help