Petani Kabupaten Pekalongan Mulai Panen Raya

Para petani di wilayah Kabupaten Pekalongan lakukan panen raya di areal persawahan seluas 5 hektar

Petani Kabupaten Pekalongan Mulai Panen Raya
Tribun Jateng/Budi Susanto
Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Muhammad Ridha bersama istansi terkait turun ke areal persawahan saat panen raya berlangsung, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Para petani di wilayah Kabupaten Pekalongan lakukan panen raya di areal persawahan seluas 5 hektar yang terletak di Desa Tanjungsari Kecamatan Kajen, Kamis (9/8/2018).

Adapun panen raya di aeral persawahan yang merupakan lahan ketahanan pangan dimaksudkan untuk mendukung program swasembada pangan. 

Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Muhammad Ridha yang hadir dalam panen raya menerangkan, panen raya yang di laksanakan merupakan bentuk pendampingan TNI kepada para petani guna meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan para petani dan mensukseskan program swasembada pangan, maka panen raya dilaksanakan. Kami berharap swasembada pangan bisa terwujud,sehingga negara tidak perlu mendatangkan beras dari luar negeri,” katanya.

Letkol Inf Ridha juga menyinggung antisipasi menghadapi musim kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Pekalongan dan berdampak pada petani.

“Menghadapi musim kemarau kami akan mendampingi para petani, kami berharap tidak ada lahan yang menganggur karena kekeringan. Dan kami akan membantu dengan mendatangkan pompa air yang kini masih sudah diajukan ke Pemkab," paparnya.

Pihaknya juga menyaran kepada petani untuk menanam padi jenis gogo saat menghadapi musim kemarau.

“Para petani bisa menanam padi varietas gogo, karena varietas tersebut lebih tahan di musim kemarau karena tidak banyak membutuhkan air,” timpalnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help