Beredar Info E-KTP Bisa Habis Masa Berlaku, Kadispendukcapil Kota Semarang: Itu Hoax

Beredar info di media sosial dan pesan singkat yang mengumumkan bahwa E-KTP memiliki masa berlaku dan penduduk

Beredar Info E-KTP Bisa Habis Masa Berlaku, Kadispendukcapil Kota Semarang: Itu Hoax
tribunjateng.com/hermawan endra
ILUSTRASI eKTP di Pekalongan yang banyak rusak, hilang atau salah cetak. Di Kantor Disdukcapil Semarang justru ada 4 alat perekam e KTP yang nganggur lantaran belum ada blanko dan chip di daerah. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Beredar info di media sosial dan pesan singkat yang mengumumkan bahwa E-KTP memiliki masa berlaku dan penduduk harus melakukan aktivasi jika telah habis masanya.

Bagi yg sudah punya E-KTP terbitan th.2012/2013, Segera AKTIFASI kan, cukup datang ke kecamatan tidak usah mengisi blanko apapun, hanya menunjukkan KTP dan KK, setelah itu sidik jari - selesai.* begitu sebagian isi pesan yang beredar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang Adi Tri Hananto menyatakan bahwa info tersebut adalah hoax atau tidak benar.

“Itu adalah hoax, masa berlaku E-KTP itu seumur hidup meskipun ada tanggal berlakunya dan E-KTP tetap aktif,” ujarnya, Kamis (9/8/2018).

Ia menambahkan, adapun kasus E-KTP yang tidak terbaca tidak berhubungan dengan masa berlakunya, serta tidak harus diaktivasi.

“Apabila ada kasus E-KTP yang tidak terbaca datanya, bisa diperbaiki dengan datang ke Dispendukcapil Kota Semarang, Gayamsari, di lantai dua Bidang Data dan Dokumen Kependudukan,” imbaunya. (*)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help