BPIP Segera Terbitkan Naskah Sidang BPUPKI Terkait Hari Lahir Pancasila

"Di samping itu, upaya tersebut untuk mengetahui secara pasti visi para pendiri bangsa ini," terangnya

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan segera terbitkan naskah asli sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Tujuannya, agar masyarakat mengetahui secara pasti kapan Pancasila itu lahir.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala BPIP, Hariyono, Jumat (10/8/2018).

Menurut Hariyono, saat ini beberapa pihak di Indonesia masih memperdebatkan terkait kapan sebenarnya gagasan tentang Pancasila lahir.

"Di samping itu, upaya tersebut untuk mengetahui secara pasti visi para pendiri bangsa ini," terangnya.

Untuk menerbitkan naskah asli dari BPUPKI, Hariyono menjelaskan pihaknya akan bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Ini adalah upaya tentang bagaimana pemikiran yang terjadi oleh pendiri bangsa. Sehingga, tidak hanya semata-mata berbicara mengenai naskah pancasilanya, tetapi juga cita-cita para pendiri bangsa," ujarnya.

Hariyono tak ingin ada perdebatan dari beberapa pihak terkait kapan Pancasila lahir semakin berlarut-larut. Ia menilai saat ini ada berbagai versi terkait kapan Pancasila lahir.

Dengan memberi sumber yang otentik, Hariyono berharap perdebatan mereda.

"Sidang BPUPKI berlangsung mulai 29 Mei sampai 1 Juni. Ada 40 orang berpidato. Tapi, pidato Pancasila sebagai dasar negara terjadi tanggal 1 Juni oleh bung Karno," jelas Hariyono.

Ir. Soekarno, menurut Hariyono, nantinya yang membuat pimpinan sidang BPUPKI membentuk panitia kecil terdiri dari delapan orang. Masyarakat, menurutnya selama ini mendapat pemahaman keliru terkait panitia kecil terdiri dari 9 orang, padahal menurutnya hanya delapan.

"Panitia kecil dibentuk di luar sidang BPUPKI. Akhirnya naskah pidato 1 Juni dijadikan sebagai bahan dasar untuk merumuskan dasar negara," jelas dia. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help