BRT Purwokerto-Purbalingga Segera DiLaunching, Ini Rutenya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan melaunching BRT Trans Jateng Koridor Purwokerto-Purbalingga (13/8) mendatang.

BRT Purwokerto-Purbalingga Segera DiLaunching, Ini Rutenya
tribunjateng/khoirul muzaki
BRT Purwokerto-Purbalingga Segera DiLaunching, Ini Rutenya 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Harapan masyarakat Banyumas dan Purbalingga untuk memiliki moda transportasi yang cepat, murah dan nyaman bakal segera terealisasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan melakukan launching operasional BRT Trans Jateng Koridor Purwokerto-Purbalingga di Terminal Bulu Pitu Purwokerto Senin (13/8) mendatang.

Peresmian BRT oleh orang nomor satu di Jawa Tengah itu sudah mulai dipersiakan. Pj Bupati Banyumas Budi Wibowo melakukan uji coba Bus Trans Jateng dari arah Pendopo Sipanji ke Terminal Bulu Pitu Purwokerto, Jumat (10/8) sore ini.

Pj Bupati didampingi Asekbang Setda Kabupaten Banyumas Didi Rudwianto, Kepala Dinas Perhubungan Sugeng Hardoyo dan sejumlah penjabat diluar Pemkab Banyumas, meninjau sejumlah halte yang dilewati untuk memastikan kesiapan launching.

"Hari ini saya ikut uji coba BRT dan memastikan kesiapan launching BRT oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Senin besok" kata Pj Bupati.

Dari hasil peninjauan pihaknya, sejumlah halte disebutnya masih lebih tinggi sekitar 20-30 cm. Karena itu, perlu dilakukan pembenahan untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Masyarakat yang mau mencoba kenyamanan Bus Trans Jateng ini, kata Bupati, diberikan kesempatan secara gratis mulai Senin hingga Rabu (13-15) mendatang.

BRT akan melewati rute mulai Purwokerto menuju Bukateja Purbalingga.

Rute ini dimulai dari Terminal Bulu Pitu Purwokerto, melintasi Jl Sultan Agung, Jl Menteri Supeno, Jl Jenderal Sudirman Sokaraja, Jl Letjend Suprapto, Jl Klahang Sokaraja, Jl Jompo Kulon, Jl Mayjend Sungkono, Jl Ahmad Yani, Jl Komisaris Noto Sumarsono, Jl Letkol Isdiman, Jl Letjen S Parman, Jl Raya Bojong, Jl Raya Purbalingga Banjarnegara, dan berakhir di Terminal Bukateja Purbalingga. Rute yang ditempuh BRT dari Purwokerto menuju Purbalingga ini berjarak 26,4 km.

Adapun rute sebaliknya dari Purbalingga menuju Purwokerto. Rute ini dimulai dari Terminal Buka Teja Purbalingga melintasi Jl Raya Purbalingga Banjarnegara, Jl Raya Bojong, Jl Letjen S Parman, Jl Letkol Isdiman, Jl Komisaris Noto Sumarsono, Jl Ahmad Yani, Jl Mayjend Sungkono, Jl Jompo Kulon, Jl Klahang Sokaraja, Jl Letjend Suprapto, Jl Jenderal Sudirman Sokaraja, Jl Suparjo Rustam, Jl Gerilya, Taman Andhang Pangrenan, Jl S Parman, Jl Jend Sudriman, Jl RA Wiriaatmaja, Jl Gatot Subroto, Jl Merdeka, Jl S Parman, Jl Suwatio dan berakhir di Terminal Bulu Pitu Purwokerto. Rute Purbalingga Purwokerto menempuh jarak 39 km.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Sugeng Hardoyo mengatakan, bus yang akan di-launching oleh Gubernur sebanyak 8 bus dari 14 armada bus yang akan beroperasi.

Sugeng menjelaskan, tarif bagi masyarakat umum yang ingin mendapatkan fasilitas BRT ini sebesar Rp. 4.000. Tarif untuk pelajar lebih murah separuhnya, Rp. 2.000.

Jika tak ada aral melintang, moda transportasi ini dijamin sampai di tempat tujuan tepat waktu. Waktu berhenti disetiap halte, kata Sugeng, hanyalah 30 detik.

Adapun jarak antar bus 10-15 menit pada waktu normal dan 15-20 menit pada jam-jam sepi. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved