KEJAHATAN DI JALAN

Jatah Fery Rp 82 Juta Sudah Dipakai Bayar Utang

Masih ingat dana desa Kemetul Susukan Semarang yang raib saat ban mobil kempes di Tengaran. Ini pengakuan pelaku

Jatah Fery Rp 82 Juta Sudah Dipakai Bayar Utang
tribunjateng/deni setiawan
Kapolres Semarang AKBP Agus Nugroho bersama Kaur Mitra Subbid Penmas Bid Humas Polda Jateng Kompol Priyono saat menggelar hasil pengungkapan kasus pencurian dana Pemerintah Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Fery Jaya Wawi (55) warga Dusun Gunung Saren Desa Madusari Kecamatan Secang Kabupaten Magelang merupakan otak dari aksi pencurian dana milik Pemerintah Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang pada Rabu (1/8/2018) lalu.

Dalam aksi tersebut, Fery dibantu 2 rekannya yakni Arifin (52) warga Losmenan Kelurahan Panjang Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang dan Andi Ismanto (31) warga Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat.

“Pada siang itu sekitar pukul 10.00, sudah menunggu di depan kantor PT Bank Pembangunan Daerah Unit Pelayanan Cabang (BPD UPC) Sruwen Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Sejak awal kami memang mencari sasaran di bank itu. Di sana kami menunggu sekitar 1 jam,” tutur Fery.

Kepada Tribunjateng.com, Jumat (10/8/2018), dia menerangkan, dalam aksi tersebut yang bertugas sebagai penentu sasaran adalah Arifin. Warga Kota Magelang itu pun mencoba masuk ke dalam bank untuk mencari sasaran. Lainnya menunggu di toko modern depan bank tersebut.

“Setelah memperoleh sasaran, Arifin menemui saya dan saya pun bersiap-siap untuk beraksi. Setelah sasaran Sekretaris Desa Kemetul Joko Prihadi (30) dan Bendahara Desa Kemetul Ristiyani (32) keluar dari bank dan perjalanan, saya buntuti menggunakan sepeda motor,” ucapnya.

Sesampainya di Pertigaan Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, lanjutnya, mobil sempat berhenti. Dirinya pun beraksi, mencoblos ban mobil bagian belakang sebelah kiri menggunakan drei besi yang ujungnya sudah lancip.

“Saat mobil berjalan lagi, tak jauh dari situ, lanjut 2 rekan saya yang bertugas. Andi menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter Z nopol AB 4359 BE memboncengkan Arifin. Lalu memberitahukan pengemudi mobil Suzuki APV nopol B 1477 COR itu apabila bannya kempes,” terangnya.

Dia melanjutkan, di saat posisi mobil sudah berada di tukang tambal ban, ban mobil sedang dilepas untuk ditambal, Arifin turun dari motor kemudian membuka pintu mobil sebelah kanan.

"Di mobil tersebut ternyata ada anak kecil. Tetapi untungnya diam saja, tidak teriak-teriak. Langsung saya ambil tas berisi uang itu dan kabur ke arah Salatiga. Dan bertemu dengan Fery di sana,” terang Arifin.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help