Pilpres 2019

Kenapa Jokowi Pilih Ma'ruf Amin dan Hari Ini Terakhir Pendaftaran Capres

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya.

Kenapa Jokowi  Pilih Ma'ruf Amin dan Hari Ini Terakhir Pendaftaran Capres
Ist
Acara makan malam bersama Jokowi dan enam Ketua Umum partai politik koaliasi di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/7/2018) malam. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengumumkan Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Maruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam konferensi pers usai bertemu ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8).

"Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya.

Jokowi mengaku melakukan perenungan mendalam sebelum dirinya memutuskan memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya dalam Pilpres 2019.

Namun, Jokowi tidak menyebut berapa lama dirinya melakukan perenungan hingga akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Ma'ruf Amin.

"Setelah melalui perenungan mendalam dan dengan mempertimbangkan masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat, maka saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang akan mendampingi saya sebabagai Cawapres 2019-2024 adalah Profesor Doktor KH Ma'ruf Amin," ucapnya.

Jokowi mengatakan alasan dirinya memilih Ma'ruf karena bisa saling melengkapi untuk pertarungan Pilpres 2019.

Jokowi memaparkan pertimbangannya memilih sosok Ma'ruf sebagai cawapresnya, di antaranya karena cukup banyak pengalaman. Mulai dari pengalaman sebagai tokoh agama maupun politik.

"Tokoh agama yang bijaksana. Beliau pernah duduk di DPRD, DPR, MPR RI," lanjut Jokowi.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help