Masih Ada Tanah Pemkab Tegal Belum Bersertifikat, Ini Dampaknya

Berdasarkan hasil inventarisasi atau pengumpulan data bidang tanah, terdapat aset tanah milik Pemkab Tegal yang belum bersertifikat.

Masih Ada Tanah Pemkab Tegal Belum Bersertifikat, Ini Dampaknya
tribunjateng/akhtur gumilang
Berdasarkan hasil inventarisasi atau pengumpulan data bidang tanah, terdapat aset tanah milik Pemkab Tegal yang belum bersertifikat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berdasarkan hasil inventarisasi atau pengumpulan data bidang tanah, terdapat aset tanah milik Pemkab Tegal yang belum bersertifikat.

Kendati begitu, Pemkab Tegal bekerjasama dengan Dinas Pemukiman Tata Ruang dan Pertanahan (Perkimtaru) Kabupaten Tegal terus berupaya menindaklanjuti aset yang belum bersertifikat untuk segera memilikinya.

Sebab, hal tersebut bisa berdampak menghambat pelaksanaan program pembangunan seperti kendala pembangunan Puskesmas, perbaikan gedung sekolah, dan sarana prasarana publik lainnya karena ketiadaan bukti kepemilikan tanah oleh pemda.

“Masyarakat sebagai penerima manfaat layanan pendidikan yang akan dirugikan," tutur Asisten Administrasi Pemkab Tegal, Nurlaeli kepada Tribunjateng.com, Jumat (10/8/2018).

Menurut dia, kepemilikan tanah menjadi syarat utama untuk mengakses dana bantuan pemerintah pusat.

"Seperti, Dana Alokasi Khusus (DAK), maupun keuangan provinsi. Untuk itu, kami terus berupaya menuntaskan permasalahan ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, Laeli menghimbau dan mengajak kerjasama semua pihak untuk membantu kelancaran proses persertifikasian tanah-tanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtaru Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin menjelaskan, dalam proses persertifikatan tanah tidak dipungut biaya apapun.

“Kaitannya dengan pembiayaan, semuanya ditanggung oleh Pemda. Jika ada pungli, laporkan ke kami,” bebernya.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved