Sudah Sejak Lebaran Warga Rowosari Semarang Kesulitan Air

"Banyune teko! Banyune teko! (airnya datang! airnya datang!)," teriak bocah berusia enam tahun

Sudah Sejak Lebaran Warga Rowosari Semarang Kesulitan Air
Tribunjateng.com/Rival Al-Manaf
Seorang warga Kelurahan Rowosari, Tembalang menuanh air dari truk tangki ke jerikennya. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kuminah tampak semringah saat rombongan mobil dari komunitas Volvo Club Indonesia datang ke perkampungannya di Dukuh Kebontaman, RT 4 RW 9 Kelurahan Rowosari, Tembalang Kota Semarang.

Komunitas mobil itu diikuti dua truk tangki air di barisan belakang. Hal itulah yang membuat Kuminah kemudian tergesa pulang ke rumah yang berada di atas bukit.

Tidak lama ia kembali datang, membawa dua ember besar yang ia kempit dengan lengannya. Di belakang wanita berjilbab tersebut tampak anaknya membuntuti dengan membawa jeriken.

"Banyune teko! Banyune teko! (airnya datang! airnya datang!)," teriak bocah berusia enam tahun. Seketika tetangga dan warga melongok ke luar dan kemudian membawa ember mereka masing-masing.

Dukuh Kebontaman memang terletak di atas bukit. Air dari PDAM tidak bisa menjangkau puluhan keluarga yang tinggal di lokasi tersebut.

"Kalau warga yang di bawah air pam masih bisa, kalau kami ndak bisa jadi kalau kemarau gini ya pasti kesusahan air," terang Kuminah. Ia memaparkan, sudah sejak lebaran kemarin sumur di rumahnya kering.

Sejak saat itu, kebutuhan untuk mandi, mencuci, hingga buang air ia penuhi dengan cara pergi ke sungai yang letaknya di bawah bukit. Sedangkan untuk kebutuhan makan dan minum atau konsumsi ia memilih membeli air galon isi ulang.

"Sehari tiga galon, satu galonnya Rp 5 ribu, itu boros, kalau sumur ada airnya kan lumaya hemar Rp 15 ribu sehari," tutur ibu rumah tangga yang bersuamikan seorang buruh tersebut.

Menurutnya ada sekitar 20 keluarga di sekitarnya yang mengalami hal serupa. Kini ia semakin khawatir karena debit air di sungai juga kian menyusut.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help