Xpander Kian Perkasa, Secara Nasional Kuasai Market Share Sebesar 28%

Sejak dilaunching tahun lalu, Mitsubishi Xpander membuktikan diri mampu mendominasi segmen di kelas MPV.

Xpander Kian Perkasa, Secara Nasional Kuasai Market Share Sebesar 28%
TRIBUN JATENG/ZAINAL ARIFIN
Konsumen melihat-lihat Mitsubishi Xpander yang dipamerkan di atrium Mal Paragon Semarang, Rabu (23/8/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejak dilaunching tahun lalu, Mitsubishi Xpander membuktikan diri mampu mendominasi segmen di kelas MPV. Berdasarkan data Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MKKSI), secara nasional market share Xpander sebesar 28 persen.

Head of Sales & Marketing Region 2 Departement PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Amirrudin mengatakan, sejak dikenalkan ke publik Agustus tahun lalu, respon masyarakat terhadap Xpander sangat positif.

Untuk wilayah Jateng, Xpander menguasai market share segmen MPV sebesar 23 persen di mana di Kota Semarang berkontribusi 27 persen. Sementara dari sisi Mitsubishi, Xpander berkontribusi sebesar 34 persen.

Banyaknya peminat Xpander bikin konsumen harus menunggu beberapa bulan untuk bisa membawa pulang mobil impiannya. Menyiasati hal itu, kata dia, MMKSI meningkatkan kapasitas produksi jadi 10 ribu unit per bulan. Namun, lanjut dia, produksi itu juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

"Awalnya indent beberapa bulan, tapi pabrik kami sudah meningkatkan kapasitas produksi. Hal itu memangkas waktu indent jadi dua bulan," kata Amirrudin di sela kegiatan Pameran Mitsubishi Merdeka di Mall Paragon, Kota Semarang, Kamis (9/8).

Sementara di kelas SUV, Pajero jadi jagoan Mitsubishi. Mobil bongsor itu tercatat sebagai market leader SUV. Secara nasional, Pajero menguasai market share sebesar 44 persen. Sementara di Jateng, market share Pajero di kelasnya sebesar 55 persen.

"Pajero juga market leader di Jateng," tambhanya.

Sedangkan Head of Central Java Section, Sales & Marketing MKKSI, Abdi Ghaffar, menambahkan, pameran Mitsubishi Merfeka di Mal Paragon yang dimulai Rabu (8/8) hingga Minggu (12/8) jadi sarana mengakomodir masyarakat yang ingin membeli produk Mitsubishi terutama Xpander dan Pajero Sport. Di pameran itu juga menyediakan trade in semua merek Mitsubishi.

Selama pameran, Mitsubishi memberikan promo menarik berupa uang muka murah dan tenor panjang. Abdi mengatakan, pihaknya menargetkan pemesanan mencapai 250 unit untuk Xpander dan Pajero selama pameran.

"Selama pameran kami target pemesanan unit Pajero dan Xpander sebanyak 250 unit," tambahnya.
Di sisi lain, untuk membuktikan ketangguhan Xpander, Mitsubishi bakal menggelar acara Tons Of Real Happiness. Satu di antara yang bakal ditonjolkan adalah menguji kekuatan Xpander yang divisualisasikan dengan menarik beban besar. Dalam hal ini beban besar itu berupa caraousel atau komidi putar.

Rangkaian aktivitas roadshow persembahan Mitsubishi Motors Indonesia akan berlangsung di 9 kota besar yakni Bekasi, Semarang, Medan, Surabaya, Makasar, Pekanbaru, Bandung, Palembang dan Tangerang. Semarang, bakal jadi kota kedua penyelenggaraan acara tersebut.

“XPander Tons Of Real Happiness berlangsung selama tiga hari pada 17-19 Agustus 2018 di Lottemart Wholesale Semarang. Acara ini dimeriahkan oleh wahana permainan keluarga yang seru, bazar dan hiburan untuk keluarga, sekaligus talkshow bersama Rifat Sungkar, ditambah kehadiran The Sasono Family dan Naura,” terang Branch Manager PT Sun Star Motor Banyumanik, Otniel Joko Wijaya.

Sebelumnya, pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAAS) 2 Agustus lalu, MMKSI resmi meluncuran varian baru dari Xpander, yaitu Sport MT atau bertransmisi manual dan GLS bertransmisi matik (GLS AT). Sebelumnya, Mitsubishi Indonesia hanya memiliki enam varian yang dipasarkan, yakni tipe Ultimate A/T, Sport A/T, Exceed A/T, Exceed M/T, GLS M/T, dan GLX M/T. Pilihan baru itu diharapkan MMKSI, semakin memperluas pasar Xpander.

Lebih dari itu, ada juga tambahan warna baru Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport. Baluran tinta baru ini semakin melengkapi pilihan yang sudah ada sebelumnya Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic.

“Dari masa depan, untuk saat ini, kami akan menunjukkan kepada anda ambisi kami dalam memberikan nilai baru untuk Indonesia, seperti salah satunya adalah varian baru Xpander,” ujar Kyoya Kondo, Presiden Direktur MMKSI, Kamis (2/8) lalu. (lyz/dta)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help