HUT RI ke 73

Meriahnya Penyambutan Peringatan HUT RI ke 73 di Pagertoyo Limbangan Kendal

Banyak cara dari masyarakat desa untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Satu di antaranya dengan karnaval budaya

Meriahnya Penyambutan Peringatan HUT RI ke 73 di Pagertoyo Limbangan Kendal
Ist
Warga Desa Pagertoyo mengadakan karnaval budaya di desanya pada Minggu (12/8/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL- Banyak cara dari masyarakat desa untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Satu di antaranya dengan karnaval budaya.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Pagertoyo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Mereka mengadakan karnaval budaya pada Minggu (12/8/2018) sore.

Karnaval itu diikuti oleh ribuan warganya dengan menggunakan aneka ragam kostum yang semisal seragam polisi, tentara, pakaian adat Jawa, pakaian untuk menari kuda lumping dan juga kostum berbentuk hewan berukuran besar.

Kepala Desa Pagertoyo, Sujarno menuturkan, kegiatan yang pihaknya selenggarakan merupakan bentuk penghormati jasa-jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Terlebih bagi pahlawan yang berada di Kabupaten Kendal.

"Acara ini memang bertujuan memeriahkan hari Kemerdekaan serta memberikan kesadaran bagi warga untuk selalu melestarikan budaya," ujarnya.

Ia berharap, kegiatan yang pihaknya selenggarakan dapat menggugah rasa nasionalisme serta rasa mencintai budaya daerah yang kian waktu terkikis oleh perkembangan zaman.

"Tak tua tak muda semua mengikuti karnaval ini, Karnaval ini juga menjadi wadah bagi warga desa menuangkan kreativitas mereka," tuturnya.

Sementara itu, Camat Limbangan, Widodo yang hadir dalam kesempatan itu menuturkan, kegagumannya kepada kreativitas warga Desa Pagertoyo. Ia menuturkan jika karnaval desa pagertoyo sangatlah meriah.

"Ini sangat meriah sekali meskipun hanya tingkat desa. Saya berharap pada karnaval tingkat kecamatan yang diadakan pada tanggal 20 Agustus nanti, bisa semeriah ini," tandas Widodo.

Menurutnya selain untuk merayakan Hari Kemerdekaan, karnaval yang diadakan ini juga turut memeriahkan Hari Jadi ke 413 Kabupaten Kendal karena waktunya yang berdekatan dengan Hari Kemerdekaan.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help