Ganjar Ingin Mencontoh Teknologi Ubah Angin Menjadi Air untuk Tangani Kekeringan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin mencontoh teknologi pengubahan angin menjadi air yang sudah diinisiasi Israel.

Ganjar Ingin Mencontoh Teknologi Ubah Angin Menjadi Air untuk Tangani Kekeringan
Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memamerkan piala penghargaan anugerah Budhipura tahun 2018 dari Kemenristekdikti, di ruang kerja gubernur, Selasa (14/8/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ingin mencontoh teknologi pengubahan angin menjadi air yang sudah diinisiasi Israel.

Menurutnya, bencana kekeringan dapat diminimalisasi bila teknologi itu diterapkan di Jawa Tengah.

"Itu sudah diterapkan di Afrika Selatan. Bisa gak kita mempelajari itu untuk kita produksi, sehingga dengan suatu alat penyedot angin itu bisa muncul air yang langsung bisa dikonsumsi. Jadi dunia sudah sedemikian majunya," kata Ganjar, Selasa (14/8/2018).

Adapun, pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Budhipura tahun 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Ganjar berharap, penghargaan tersebut dapat memacu riset-riset yang ada di Jawa Tengah.

"Termasuk yang kedua adalah pengembangan. Seringkali lead-nya ini menjadi utama, tetapi banyak orang melakukan penelitian saja, pengembangannya kurang. Setelah diteliti, siapa yang mengembangkan? Siapa yang memproduksi?" ucapnya.

Pria asal Karanganyar itu berujar hilirisasi seluruh hasil riset akan dilakukan pihak Litbang Jateng, supaya manfaat sebenarnya dalam penelitian yang diterima masyarakat dapat dirasakan.

Kepala Bappeda Provinsi Jateng, Sudjarwanto mengatakan, penghargaan Budhipura sudah diperoleh Pemprov Jateng keempat kalinya.

Pada tahun 2013, diraih Anugerah Budhipura katagori penguatan kelembagaan Iptek. Tahun 2014 meraih Budhipura katagori sumber daya Iptek. Tahun 2015, meraih Budhipura Kencana.

Di tingkat kotamadya dan kabupaten, Kota Magelang dan Kabupaten Sragen pun mendapatkan Anugerah Budhipraja 2018.

"Dari penghargaan tersebut menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Tengah telah memberikan kontribusi yang cukup besar di Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia," kata Sudjarwanto.(*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help