Pemkab Pekalongan Targetkan Total Pendapatan 2018 Sebesar Rp 2,1 Triliun

Total pendapatan daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2018 direncakan mencapai Rp 2,1 triliun lebih.

Pemkab Pekalongan Targetkan Total Pendapatan 2018 Sebesar Rp 2,1 Triliun
tribunjateng/budi susanto
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat memimpin rapat koordinasi perubahan perencenaan PAD tahun anggaran 2018, Jumat (17/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pendapatan daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 1,90 persen atau bertambah Rp 40 miliar lebih.

Penambahan dari PAD Rp 369 miliar, Dana Perimbangan Rp 1,3 triliun lebih dan Pendapatan yang Sah Rp 494 miliar. Total pendapatan daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2018 direncakan mencapai Rp 2,1 triliun lebih.

Diterangkan Bupati Kabupaten Pekalongan Asip Kholbihi, untuk anggaran belanja daerah Kabupaten Pekalongan tahun 2018 setelah perubahan direncanakan sebesar Rp 2,4 triliun, atau bertambah Rp 176 miliar, sehingga terjadi defisit anggaran sebesar Rp 230 miliar dan defisit ini akan dipenuhi melalui pembiayaan netto.

"Untuk pos anggaran pembiayaan terdiri dari penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan. Penerimaan pembiayaan tahun 2018 setelah perubahan direncanakan sebesar Rp 230 miliar atau naik 145,31 persen dengan jumlah sebesar Rp 136 milair lebih. Yang berasal dari pos Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun anggaran 2017 dan Penerimaan Kembali Investasi Dana Bergulir," jelasnya, Jumat (17/8/2018).

Sedangkan untuk Pengeluaran Pembiayaan tahun 2018 diterangkan Asip, direncanakan sama dengan anggaran penetapan. Dengan demikian Pembiayaan Netto setelah perubahan menjadi sebesar Rp 230 miliar.

“Dari struktur Anggaran Pendapatan Daerah, Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah sebagaimana tersebut diatas maka secara riil terdapat defisit nol rupiah,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan, dalam proses penyusunan dan pembahasan KUPA dan PPAS perubahan APBD terdapat perbedaan pendapat, persepsi maupun pemikiran. Namun hal tersebut telah disingkronkan dan disepakati secara normatif, sehingga mencapai hasil terbaik dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Saran dan masukan yang telah disampaikan akan kami jadikan bahan penyempurnaan ke depan guna lebih memantapkan kualitas penyusunan kebijakan pembangunan Kabupaten Pekalongan. KUPA dan PPAS perubahan APBD tahun 2018 ini akan menjadi acuan dan pedoman penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Perangkat Daerah serta penyusunan Rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2018," timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved