APBD 2018 Kota Semarang Defisit, Hendi akan Undur Sebagian Proyek ke 2019

APBD 2018 Pemkot Semarang mengalami defisit sekitar Rp 400 miliar sampai Agustus ini.

APBD 2018 Kota Semarang Defisit, Hendi akan Undur Sebagian Proyek ke 2019
ISTIMEWA
Hendi untuk terus mengajak warga masyarakat memberdayakan potensi wisata di wilayah masing-masing 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 Pemkot Semarang mengalami defisit sekitar Rp 400 miliar sampai Agustus ini.

Defisit tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam penghitungan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa).

Adanya defisit anggaran tersebut, mengharuskan Pemkot Semarang melakukan efisiensi dengan mengurangi anggaran di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Dampaknya, sejumlah proyek pembangunan yang sudah direncanakan pada 2018 ini, batal dilaksanakan dan ditunda pada 2019 mendatang.

Efisiensi di antaranya terjadi di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang. Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, Disdik telah mengalokasikan untuk proyek perbaikan maupun pembangunan gedung sekolah SD dan SMP di Kota Semarang sekitar Rp 100 miliar pada 2018 ini.

"Karena ada efisiensi, anggaran kami berkurang Rp 20 miliar. Sehingga beberapa pekerjaan yang sudah direncanakan 2018 ini tidak bisa kami laksanakan," kata Gunawan, Jumat (31/8/2018).

Gunawan menyebut, beberapa pekerjaan yang urung dilaksanakan tersebut meliputi rehab bangunan SD dan SMP dan pembangunan gedung baru.

Hanya saja, Gunawan enggan menyebutkan sekolah mana saja yang batal diperbaiki.

Dikatakannya, dampak efisiensi anggaran tersebut tidak hanya mengharuskannya mengurangi besaran anggaran yang dialokasikan ke setiap sekolah akan tetapi juga mengharuskannya mengurangi jumlah sekolah yang mendapat anggaran perbaikan maupun pembangunan.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved