Mahasiswa Undip Gelar Festival Sarung Goyor 2018

Mahasiswa KKN UNDIP bekerjasama dengan Pemerintah Desa Wanarejan Utara mengadakan Festival Sarung Goyor 2018.

Mahasiswa Undip Gelar Festival Sarung Goyor 2018
istimewa

Laporan wartawan Tribun Jateng Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa KKN UNDIP bekerjasama dengan Pemerintah Desa Wanarejan Utara mengadakan Festival Sarung Goyor 2018.

Satu dari tiga dosen pendamping, Ana Silviana, S.H., M.Hum menjelaskan, mahasiswa KKN Tahap II Undip 2018 dalam salah satu kegiatan program kerjanya pengembangan Desa Wisata Kampung Sarung Goyor Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Mereka berpartisipasi secara aktif dalam mengembangkan dan mengaktifkan pengembangan Desa Wisata melalui wisata edukasi pembuatan sarung tenun yang dikenal dengan Sarung Goyor.

Kegiatan mahasiswa ini masuk dalam program kerja multi disiplin ilmu dengan tema “PETARUNG WANUT” yaitu Persiapan Desa Wisata Kampung Sarung Wanarejan Utara.

Program tersebut diusulkan berdasarkan survey mahasisiwa KKN dalam penyusunan LRK (Laporan Rencana Kegitana).

Setelah lebih dulu dikonsultasikan kepada tiga Dosen yaitu Ana Silviana, S.H., M.Hum., Dr. Ir. Suzzana Ratih Sari, M.M., M.A., dan Farid Agushybana, S.KM., DEA., Phd, selaku Dosen Pembimbing KKN Tim II KKN Undip 2018 di Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Program mahasiswa tersebut disinergikan dengan kegiatan dari pemerintah desa yang mengadakan suatu acara bertajuk ‘Festival Sarung Goyor 2018’ untuk mendukung pengembangan Desa Wisata Kampung Sarung. Festival Sarung Goyor yang melibatkan 10 mahasiswa KKN yang ditempatkan di Desa Wanarejan Utara tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu Sabtu, 18 Agustus 2018 dan Minggu, 19 Agustus 2018 dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Adapun rangkaian acara Festival Sarung Goyor 2018 pada hari pertama tanggal 18 Agustus 2018, yaitu penampilan pentas seni yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wanarejan Utara.

Selain itu, berbagai lomba diadakan untuk memeriahkan acara ini. Pada hari kedua Festival Sarung Goyor 2018 tanggal 19 Agustus 2018, merupakan puncak acara dari Festival Sarung Goyor 2018 ini, adapun rangkaian acaranya yaitu Karnaval Sarung Goyor yang diikuti oleh hampir 10.000 peserta.

"Pada acara inti Dinas Pariwisata memberikan sambutan dan memukul gong sebagai pertanda diresmikannya Kampung Sarung Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang," kata Ana dalam siaran tertulis, Jumat (31/8).

Sebagai penutup serangkaian acara Festival Sarung Goyor 2018 ini pada tanggal 19 Agustus 2018 pukul 19:30 WIB dilaksanakan acara Wanarejan Utara Bersholawat bersama Laskar Al-Anbiya. (*)

Penulis: hermawan Endra
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved