Dosen Unwahas Semarang Lakukan Penelitian Pembelajaran di MI Miftahul Huda  

Untuk itu, guru harus menguasai dan mengendalikan kelas sehingga pembelajaran menjadi kondusif.

Dosen Unwahas Semarang Lakukan Penelitian Pembelajaran di MI Miftahul Huda   
ISTIMEWA
Guru MI Miftahul Huda Semarang menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dengan beberapa metode. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Guru merupakan pemimpin di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu, guru harus menguasai dan mengendalikan kelas sehingga pembelajaran menjadi kondusif.

Selain itu, guru harus tahu bagaimana cara membuat proses pembelajaran agar tidak menjenuhkan dan selalu menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dibutuhkan penguasaan berbagai strategi pembelajaran aktif dalam prosesnya.

Hal itu yang mendasari Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang melakukan penelitian bertema meningkatkan pemahaman dan pelaksanaaan pembelajaran aktif bagi guru MI Kota Semarang.

"Karena realitanya dalam pembelajaran, banyak guru yang masih belum bisa mengkondisikan pembelajaran sesuai yang diharapkan oleh peserta didik. Tidak hanya itu, banyak guru belum bisa memahami seperti apa pembelajaran aktif dan menyenangkan yang nantinya berpengaruh pada hasil dari proses pembelajaran itu," kata ketua tim dosen, Ali Imron, kepada Tribun Jateng, Selasa (4/9/2018).

Ia menuturkan, strategi pembelajaran yang menjadi sorotan masa sekarang adalah bagaimana guru dapat merancang berbagai strategi agar peserta didik dapat menikmati pembelajaran dengan menyenangkan.

Oleh karena itu, perlu mengadakan kegiatan pelatihan atau diskusi yang membahas serta mempelajari berbagai strategi atau metode pembelajaran aktif dan menyenangkan bagi guru.

Ia menambahkan, agar pembelajaran berjalan dengan efektif, aktif dan menyenangkan maka diperlukan keterampilan khusus bagi guru yang akan mengajar.

Sebab untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan diperlukan berbagai macam kemampuan atau keterampilan.

Kemampuan atau keterampilan pembelajaran yang sangat sangat berperan tersebut antara lain keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi metode pembelajaran, membimbing pelaksanaan diskusi kelompok dan keterampilan membuka serta menutup pembelajaran.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved