Rupiah Melemah Tak Pengaruhi Proyek Infrastruktur Besar di Kota Magelang

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak berpengaruh besar pada pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur fisik di Kota Magelang

Rupiah Melemah Tak Pengaruhi Proyek Infrastruktur Besar di Kota Magelang
KOMPAS.com/IKA FITRIANA
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat meninjau proyek pembangunan kolam renang di sport center, Kelurahan Sanden, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Rabu (5/9/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak berpengaruh besar pada pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur fisik di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Proyek-proyek yang saat ini tengah berjalan antara lain Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bojong, rumah dinas Ketua DPRD Kota Magelang, pelebaran Jalan Diponegoro dan Jalan Pahlawan, kolam renang dan lapangan tenis di pusat kegiatan olahraga Moch Soebroto.

Kemudian penambahan bangsal RSUD Tidar Kota Magelang, hingga rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengungkapkan, para kontraktor sebagai pihak ketiga pelaksana proyek sudah bekerja profesional.

Mereka segera membelanjakan anggaran setelah dinyatakan sebagai pemenang tender.

Baca: Besok Dilantik Presiden, Ini Fokus Program Kerja Ganjar Pranowo-Taj Yasin untuk Jateng

"Mereka profesional, ketika menang tender langsung belanja. Sehingga, kalau sekarang dolar naik, tidak mengganggu pelaksanaan proyek," ujar Sigit, disela-sela peninjauan proyake, Rabu (5/9/2018).

Sigit menargetkan, proyek yang saat sedang berjalan dapat selesai akhir tahun 2018 ini, terutama arena kolam renang yang digadang-gadang sebagai kolam renang berstandar internasional itu. Proyek kolam renang menelan biaya mencapai Rp 11 miliar.

"Saya lihat tidak ada masalah, tapi saya mendorong percepatannya. Apalagi, cuaca sekarang sedang bagus, jadi pekerjaan bisa dipercepat dan lancar," uja" ungkapnya.

"Untuk kolam renang memang agak lama karena pengerjaannya disesuaikan dengan kemampuan juga. Tapi saya optimistis akan rampung akhir tahun ini, dan menjadi bagian ikon sport center Kota Magelang," imbuh Sigit lagi.

Andi Purnomo, kontraktor proyek kolam renang sport center Kota Magelang, menyatakan jika pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang mencapai Rp 15.000 per dola AS (September 2018) memang tidak terlalu berpengaruh dengan kebutuhan belanja bahan-bahan pembangunan.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved