Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata Pengguna Gadget

Jika mata digunakan terus menerus di depan layar gadget dan peralatan elektronik lainnya, mata bisa berakibat...

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mata Pengguna Gadget
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
Jika mata digunakan terus menerus di depan layar gadget dan peralatan elektronik lainnya, mata bisa mengalami kekeringan, juga berdampak pusing dan lainnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di era digital seperti ini, berjam-jam mata manusia tidak terlepas dari smartphone dan gadget lainnya.

Sebagai indera penglihatan, tentu kesehatan mata perlu diperhatikan. Terlebih lagi bagi para pengguna gadget yang hampir tak pernah lepas.

Jika mata digunakan terus menerus di depan layar gadget dan peralatan elektronik lainnya, mata bisa mengalami kekeringan, juga berdampak pusing dan lainnya.

"Setiap 20 menit, mata harus diistirahatkan, caranya mudah. Usai 20 menit mata beraktifitas istirahatakan 20 detik," tutur Penyuluh Kesehatan Masyarakat Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Jateng, Muftiah Eviati, M.Kes kepada Tribunjateng.com, Senin (10/9/2018).

Dalam 20 detik tersebut, mata bisa dikedipkan, ataupun melihat pemandangan yang menyegarkan seperti warna hijau.

Balai Kesehatan Indera Masyatakat yang terletak di Jalan Ahmad Dahlan No. 35 ini juga memiliki cara untuk mengecekmata dengan sederhana.

"Sekarang kita semua bisa mendeteksi penglihatan dengan melakukan tes jarak. Penguji berdiri enam meter dari yang diuji, dengan melihat jari penguji, orang yang diuji. Dari sana nanti akan terlihat kesehatan mata," imbuh Eviati.

Sebagai pengguna gadget, Anda bisa melakukan cara menjaga kesehatan mata seperti istirahatkan 20 detik usai beraktifitas 20 menit.

"Di Balai Kesehatan Indera Masyarakat ini melayani konsultasi serta cek kesehatan alat indera seperti kulit, mata, telinga, dan gigi dengan harga yang terjangkau," tutur Evi. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved