Liputan Khusus

Ini seperti Kita Titip Beli Barang kepada Teman saja, Sulit Diawasi

Praktik jual-beli melalui jasa titip (jastip) via media sosial (medsos) marak belakangan ini. Fenomena itu tak lepas dari tingginya

Ini seperti Kita Titip Beli Barang kepada Teman saja, Sulit Diawasi
tribunjateng/dok
Tas merek Webe di Mal Ciputra Semarang beberapa waktu lalu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - ‎Praktik jual-beli melalui jasa titip (jastip) via media sosial (medsos) marak belakangan ini. Fenomena itu tak lepas dari tingginya penggunaan medsos dalam keseharian masyarakat di Indonesia.

Kendati ada praktik perdagangan melalui internet dalam jastip‎, hal itu tak bisa dikategorikan sebagai e-commerce. Sebab, praktik jastip lebih kepada hubungan personal antara dua belah pihak.

"Ini seperti kita titip beli barang kepada teman saja," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng, Ratna Kawuri, kepada Tribun Jateng, akhir pekan lalu.

Lantaran praktiknya lebih kepada selayaknya relasi pertemanan yang saling titip-menitip barang, hal itu bukan menjadi kewenangan dari dinas untuk melakukan pengawasan.

Terlebih, praktik jastip rata-rata tak bernaung ke dalam marketplace. "Sulit untuk diawasi. Saya kira juga bukan ranah dinas untuk melakukan pengawasan," ucapnya.

Dilansir kompas.com, pemerintah berencana menerbitkan aturan pengawasan perdagangan, turunan dari Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang e-commerce. Nantinya, pelaku perdangan dalam platform elektronik (e-commerce) wajib melaporkan barang penjualan ke pemerintah.

Hal ini dilakukan untuk melihat daftar barang yang diperjual-belikan melalui e-commerce. Tetapi, saat ini pemerintah masih memformulasikan cara pendataan barang tersebut.

Pelaporan bisa dilakukan pedagang langsung atau marketplace yang menaungi. Pemerintah menekankan kewajiban laporan itu, bahkan akan ada sanksi bila pelaku e-commerce tak memenuhi aturan yang telah ditentukan. (tribunjateng/cetak/lipsus)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved