DPRD Jateng: Dengan Germas Bisa Cegah Stunting

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialisasi terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 152 titik se-Jawa Tengah.

DPRD Jateng: Dengan Germas Bisa Cegah Stunting
Istimewa
Dinkes Kabupaten Pati saat lakukan cek kesehatan gratis pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Gedung NU Pati, Senin (10/9/2018). 

Laporan Waratawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, PATI -- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialisasi terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 152 titik se-Jawa Tengah.

Di Kabupaten Pati, Dinkes Provinsi bekerjasama dengan Dinkes Kab. Pati, DPRD Jawa Tengah, dan Fatayat Nahdlotul Ulama (NU) Pati dalam sosialisasi Germas ini.

"Kita arahkan sosialisasi ini untuk tokoh-tokoh masyarakat, supaya mudah melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat. Komisi E DPRD Jateng bekerjasama dengan Dinkes Provinsi dan Kabupaten Pati untuk menyukseskan sosialisasi ini," tutur Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Muh Zen, saat sosialisasi Germas di Kantor NU Pati, Senin (10/9/2018).

Dari keterangan Muh Zen Germas ini sangat efektif jika menggandeng para tokoh masyarakat.

"Dengan gerakan ini kita ingin masyarakat aware terhadap hidup sehat. Dengan adanya Germas ke depannya tidak ada stunting dan penyakit lainnya," jelasnya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini terdiri atas aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur,cek kesehatan secara berkala minimal enam bulan sekali, enyahkan asap rokok, dan memberikan ASI eksklusif saat bayi berusia 0-6 bulan.

Germas merupakan kegiatan pencegahan terhadap penyakit tidak menular, selain itu juga menjadi patokan masyarakat untuk memulai hidup sehat.

"Komisi E akan terus memiliki target di 2018 akhir kita punya perda tentang Sistem Kesehatan Jawa Tengah dan salah poin pentingnya adalah sosialisasi Germas kepada masyarakat, jadi kita akan memantau terus perkembangan Germas ini di masyarakat," tutur Zen. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved