Dinkes Pati Sosialisasikan Germas untuk Cegah Penyakit Menular

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialisasi mengenai Germas di 152 titik di Jawa Tengah pada 35 kabupaten dan kota.

Dinkes Pati Sosialisasikan Germas untuk Cegah Penyakit Menular
Dok ist
Sosialisasi Germas kepada Fatayat NU Pati di Gedung NU Pati, Senin (10/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialisasi mengenai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 152 titik di Jawa Tengah pada 35 kabupaten dan kota.

Di Pati, Germas disosialisaskan pada Fatayat NU Pati, Senin (10/9/2018).

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Dwi Prasetyo mengungkapkan ada beberapa faktor yang bisa dilakukan untuk hidup sehat.

"Untuk mengedukasi masyarakat Pati mau berperilaku hidup sehat, maka perlu diarahkan pada Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni, melalui program Germas," jelasnya.

Masyarakat diharap peduli dengan pencegahan penyakit melalui Germas yang fokusnya aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan rutin minimal 6 bulan sekali, enyahkan asap rokok, dan memberikan ASI eksklusif pada bayi yang berusia 0-6 bulan.

Dwi Prsetyo mengungkapkan Germas harus terus disosialisasikan ke lapisan masyarakat.

Satu di antaranya yakni melibatkan kelompok-kelompok masyarakat, untuk membantu menyosialisasikan Germas di lingkungan masing-masing.

"Kelompok masyarakat dan tokoh masyarakat ini perannya sangat penting, agar target program Germas tercapai," tandasnya. (kin)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved