Jurnal Serigala Loyola

Lopala SMA Kolese Loyola Beraksi Bersihkan Sampah di Pantai Baruna

24 anggota Loyola Pecinta Alam melakukan Social Project yang bertujuan mengurangi sampah di Pantai Baruna, Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Setelah April lalu melakukan susur Gua Cerme, kali ini 24 anggota Loyola Pecinta Alam (Lopala) bersama seorang pendamping melakukan Social Project yang bertujuan mengurangi sampah di Pantai Baruna, Kota Semarang, Jawa Tengah Jumat (31/8/2018).

Pantai Baruna, sebelah timur Pantai Marina, masih terbilang baru.

Sayangnya, kebersihannya tidak terjaga. Banyak terdapat sampah menutupi hamparan pasirnya,seperti bungkus minuman, alas kaki yang rusak,  styrofoam, sampah plastik, dll.

Mulai pukul 3 sore hingga menjelang malam, anggota Lopala membersihkan sampah yang ada di pinggiran pantai tersebut. 

Total ada 6 kantong sampah yang terkumpul. Meskipun sudah berpeluh keringat ternyata waktu 3 jam tidaklah cukup untuk membersihkan pantai Baruna hingga bersih sempurna.

 “Debu tetap akan menempel di meja dikala udara masih banyak kita hirup, begitu juga pantai akan selalu ada sampah dikala manusia dan air berinteraksi. Tetapi dengan mengambil sedikit kotoran yang menempel di pinggir pantai berarti kita memberikan Ibu Bumi untuk bernafas lega menikmati cakrawala,” tutur Anton, pendamping ekstrakurikuler Lopala.

Bumi, air, udara, dan matahari akan selalu menjadi keluarga abadi bagi manusia.

Oleh karena itu, tak satu pun manusia diijinkan merusak, mengotori, maupun memisahkan mereka.

Inilah nilai hakiki kehidupan yang hendak ditanamkan di generasi milenial, seperti yang dilatihkan di Lopala dalam setiap Social Project-nya.

“Sejenak bertemu, sejenak akan (pula) menjadikan untaian harmoni kembali tercipta sebagai keluarga,” tutup Anton saat diwawancarai. (Yudi/ Serigala Loyola)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved