Sudah Ada 15 Ribu Lebih Bayi di Kabupaten Tegal Terimunisasi MR

Dinkes Kabupaten Tegal menargetkan sebesar 95 persen bayi sudah terimunisasi measless rubella (MR) untuk tahun 2018 ini.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal menargetkan sebesar 95 persen bayi sudah terimunisasi measless rubella (MR) untuk tahun 2018 ini.

Tahun sebelumnya, pihak Dinkes mengaku dapat melebihi target yang ditentukan untuk pemberian imunisasi MR sebesar 97 persen.

Kasie Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Tegal‎, Eko BP Prabowo mengatakan bahwa pemberian imunisasi MR sudah mencapai 5‎7,66 persen.

Menurut dia, capaian tersebut sudah melebihi target hingga pertengahan tahun ini.

"Di sini tidak ada masalah. Dari target 95 persen per tahun atau sampai Desember, capaian pada tahun ini sampai bulan Juli sudah 57,66 persen," kata Eko saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (14/9/2018).

‎Dari target 95 persen, kata Eko, berarti ada 26.439 bayi yang harus diberikan imunisasi MR pada tahun ini.

Dari target itu, hingga Juli sudah 15.244 bayi yang diberikan imunisasi MR.

"Kalau dihitung target sampai dengan Juli itu sebesar 55,41 persen, capaian kita sudah 57,66 persen. Jadi sudah mencapai (target)," jelasnya.

Eko menyatakan pemberian imunisasi MR tetap berpatokan pada Undang-undang dan peraturan dari Kementerian Kesehatan.

Pemberian imunisasi MR tetap disosialisasikan dan dilaksanakan, mengingat manfaatnya yang besar untuk pencegahan penyakit campak dan rubella sekaligus dan sedini mungkin.

"Jadi kalau di Kabupaten Tegal sejauh ini tidak ada masalah dalam pelaksanaannya. Pada tahun lalu capaiannya juga sampai 97 persen, melebihi dari target 95 persen," pungkasnya.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved