Warga Tambaklorok Ini Ingin Persoalan Kampung Bahari Segera Diselesaikan

Proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok Kota Semarang hingga kini masih berjalan.

Warga Tambaklorok Ini Ingin Persoalan Kampung Bahari Segera Diselesaikan
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Proyek Kampung Bahari Tambak Lorok Semarang hingga saat ini masih terganjal masalah pembebasan lahan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Proyek pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok Kota Semarang hingga kini masih berjalan.

Tahap I pembangunan yang menjadi proyek strategis nasional tersebut telah berakhir Juni lalu. Namun, hingga kini masih banyak persoalan mulai dari pembebasan lahannya.

Seorang tokoh warga Tambaklorok, Semarang Utara, Muhammad Rozikin mengatakan, pada dasarnya warga mendukung adanya proyek tersebut. Hanya saja, sejauh ini kendala yang terjadi karena lambatnya penyelesaian pembebasan lahan warga.

"Secara umum warga bisa menerima. Tetapi masih ada beberapa warga yang belum sepakat soal nominal ganti rugi makanya jadi terkendala," katanya, Jumat (14/9/2018).

Mengapa masalah pembebasan lahan ini berlarut-larut? Menurutnya, penyelesaian pembebasan lahan tidak ditangani secara baik. Pemkot Semarang cenderung kurang intens dalam berkomunikasi dengan warga secara keseluruhan.

Ia menyebutkan, Pemkot Semarang tidak pernah mengajak berdialog bersama semua unsur warga mulai warga yang terdampak langsung, RT, RW, dan tokoh masyarakat. Sehingga terjadi miskomunikasi antara Pemkot Semarang dengan beberapa warga khususnya warga yang terdampak proyek.

"Misalnya, pada waktu penentuan nominal, ada beberapa warga yang tidak bisa hadir sosialisasi karena sedang keluar. Tiba-tiba diukur oleh tim pengukur tanah. Maka terjadilah miskomunikasi," paparnya.

Contohnya lagi, ada sumur warga yang ternyata tidak masuk dalam hitungan nominal ganti rugi. Warga kemudian protes, tapi tidak dilayani dengan baik dan bijak.

Rozikin secara pribadi mengaku senang dan bangga atas program pembangunan Kampung Bahari Tambaklorok. Apalagi Presiden Joko Widodo sendiri mengecek secara langsung Kampung Bahari tersebut.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved