Bengkel dan Persewaan Alat Berat di Jalan Ronggowarsito Terbakar

Bengkel dan persewaan alat berat IB yang terletak di Jalan Ronggowarsito Nomor 102 B, Kota Semarang terbakar Minggu (16/9/2018) siang

Bengkel dan Persewaan Alat Berat di Jalan Ronggowarsito Terbakar
Tribun Jateng/Rival Almanaf
Asap Hitam mengepul dari dalam bengkel dan tempat persewaan alat berat di Jalan Ronggowarsito menuju Tanjung Emas Semarang, Minggu (16/9/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bengkel dan persewaan alat berat IB yang terletak di Jalan Ronggowarsito Nomor 102 B, Kota Semarang terbakar Minggu (16/9/2018) siang.

Asam hitam tampak mengepul dari jalanan menuju bengkel tersebut. Akibatnya, sejumlah alat berat hangus terbakar karena terlambat dievakuasi keluar.

Pujiyanto (42), salah satu warga yang berada di dekat lokasi kebakaran menjelaskan api mulai terlihat sekitar pukul 13.15 WIB. Kala itu, ia sedang duduk bersantai di depan rumah terkejut melihat asap hitam mengepul.

"Saya juga dengar ada orang teriak-teriak kebakaran-kebakaran, ternyata saat saya lihat memang benar bagian belakang bengkel alat berat itu ada yang terbakar," terang Puji di lokasi.

Tanpa berpikir panjang pria yang tinggal disekitar bengkel itu kemudian langsung lari untuk membantu proses evakuasi alat berat. Namun karena api yang sangat besar, ia tidak mampu berbuat apa-apa.

"Saya hanya bisa membantu sedikit, lalu api semakin besar saya tidak berani lagi mendekat," ucapnya.

Ia memaparkan terus melihat para pekerja bengkel berupaya mengamankan alat berat yang masih terparkir di dalam. Namun karena api besar, hanya ada beberapa saja yang mampu dibawa keluar untuk diselamatkan.

"Saya lihat di dalam bengkel masih ada beberapa, mau diselamatkan, dibawa ke luar suidah tidak bisa, api sudah terlalu besar," ungkapnya.

Sebanyak enam mobil pemadam tampak sudah berada di lokasi. Petugas berjibaku mematikan si jago merah. Butuh waktu sekitar satu jam hingga api tidak lagi tampak membakar.

Salah satu petugas pemadam menyebut api berasal dari tumpukan ban dan olo di bagian belakang bangunan bengkel tersebut.

"Api semakin mudah membesar karena memang di sana ada banyak ban dan oli yang mudah terbakar. Jadi proses pemadaman juga sedikit ada kendala di situ," terang salah satu petugas yang belum sempat menyebutkan namanya tersebut.

Meski sudah padam sekitar pukul 14.30 namun beberapa perugas tetap menyemprotkan api di lokasi hingga sore. Hal itu dilakukan sebagai upaya pendinginan

"Terus disemprot sampai benar benar dingin jangan sampai nanti ada kebakaran susulan," ucapnya.

Kebakaran itu sempat membuat Jalan Ronggowarsito lumpuh. Banyaknya warga yang melihat serta mobil pemadam kebakaran yang melintang di jalan membuat kendaraan dari dua arah baik dari pelabuhan Tanjung Emas maupun sebaliknya terpaksa memutar arah.(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved