Gold Pencil Gelar Kemah Kartun di Semarang

Yayasan Pensil Emas Indonesia atau Gold Pencil Indonesia akan menggelar kemah kartun pada 6-7 Oktober 2018 mendatang

Gold Pencil Gelar Kemah Kartun di Semarang
http://captaintsubasa.wikia.com
Kartun Captain Tsubasa 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Yayasan Pensil Emas Indonesia atau Gold Pencil Indonesia akan menggelar kemah kartun pada 6-7 Oktober 2018 mendatang.

Kegiatan bertajuk Semarang Cartoon Camp #1 ini akan dilaksanakan di Griya Pawening Jati, Wonolopo Mijen, Kota Semarang.

"Kemah kartun ini dikemas dalam workshop dan diskusi tentang kartun bersama kartunis Gold Pencil. Terbuka untuk mahasiswa dan umum," kata ketua panitia, Dias Safira Salsabilla, Minggu (16/9/2018).

Dias menyebutkan, ada lima narasumber yang akan meramaikan kemah kartun. Mereka yaitu Jitet Koestana, kartunis senior Semarang pemegang rekor MURI dengan penghargaan kartun internasional terbanyak.

Lalu ada Suratno, guru SMP Negeri 17 Semarang yang berhasil mengantarkan sekolahnya meraih penghargaan LEPRID dengan penghargaan kartun inertnasional terbanyak dalam setahun. Gold Pencil juga mendatangkan kartunis Suara Merdeka, Djoko Susilo.

Tak hanya itu, peserta juga akan diajak berdiskusi tentang "Kartun sebagai Kritik Sosial" bersama ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Semarang, Edi Faisol dan diskusi tentang "Kebebasan Berekspresi" bersama ketua Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) DK Semarang, M Shofi Tamam.

Dias mengatakan, Cartoon Camp kali ini mengangkat tema "Kreatif Menggambar Kartun di Era Digital".

Dia mengatakan, era digital memberikan kesempatan luas bagi siapapun yang ingin berkembang. Orang bisa memilih media yang disukai untuk mengekspresikan maupun mempromosikan karya kreatifnya.

Menurutnya, akses informasi juga sangat melimpah.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help