Lahan Pertanian di Sekitar PLTU Tanjung Jati B Berpotensi Gagal Panen

Anggota Komisi VII DPR RI, Daryatmo Mardiyanto merespons keluhan warga yang terdampak abu atau debu batubara PLTU Tanjung Jati B.

Lahan Pertanian di Sekitar PLTU Tanjung Jati B Berpotensi Gagal Panen
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Sejumlah warga dan Anggota DPR RI Daryatmo Mardiyanto saat meninjau lahan pertanian di Desa Margokerto, Kecamatan Bondo, Jepara. Lahan tersebut terkena dampak abu dari PLTU Tanjung Jati B.  

Lahan Pertanian di Sekitar PLTU Tanjung Jati B Berpotensi Gagal Panen

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA -  Lahan pertanian yang berada di sekitar PLTU Tanjung Jati B atau tepatnya di Desa Margokerto, Kecamatan Bondo, Kabupaten Jepara terkena dampak operasi dari PLTU Tanjung Jati B Jepara.

Sedikitnya ada sekitar 20 hektare lahan pertanian yang terdampak.

Ketua Forum Warga Tanjungjati Bersatu (FWBT), Hadi Priyanto mengatakan tanaman palawija yang ditanam di lahan yang bersebelahan dengan PLTU itu tak lazim dan berpotensi gagal panen. Selain itu, abu atau debu batubara itu juga menganggu kesehatan warga.

Selain itu, kata Hadi, kehadiran PLTU memang menunjang kebutuhan listrik nasional. Namun, pihaknya ingin agar PLTU juga memperhatikan berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat sekitar.

"Kami ingin hidup berdampingan secara harmonis dengan PLTU. Kami berharap ada solusi terbaik terkait persoalan ini," kata Hadi, Minggu (16/9/2018).

Menanggapi adanya keluhan tersebut Anggota Komisi VII DPR RI, Daryatmo Mardiyanto merespons keluhan warga yang terdampak abu atau debu batubara PLTU Tanjung Jati B.

Anggota komisi yang membidangi urusan energi dan lingkungan hidup ini menemui warga yang pemukimannya bersebelahan dengan PLTU yang berkontribusi untuk kehandalan listrik kawasan Jawa - Bali tersebut.

"Saya ingin tahu langsung kondisi warga di lapangan seperti apa. Keluhan apa saja, dampak bagi kesehatan, pertanian hingga lingkungan warga seperti apa? Kalau tidak turun langsung tak mungkin dapat gambaran yang utuh," kata Daryatmo.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help