Rencana Penutupan Jalan di Jembatan Tanggulangin Mundur Sampai Oktober 2018

Penutupan jalan di jembatan dua Tanggulangin Kabupaten Kudus diundur sampai Oktober 2018

Rencana Penutupan Jalan di Jembatan Tanggulangin Mundur Sampai Oktober 2018
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Penutupan jembatan dua Tanggulangin Kudus pada Jumat (14/9/2018) kemarin.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUSPenutupan jalan di jembatan dua Tanggulangin Kabupaten Kudus diundur sampai Oktober 2018. Sedianya, penutupan dilakukan pada Jumat (14/9/2018) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, kebijakan penutupan diundur sampai Oktober mendatang. Namun, kepastian penyebab mundurnya penutupan masih belum diketahui oleh pihaknya.

“Di saat yang bersamaan penutupan arus karena pembangunan jembatan dilakukan di Jembatan Kalikondang Demak, barangkali itu menjadi pertimbangan.

Karena dalam penutupan tersebut berimbas pada kepadatan arus baik dari Semarang atau Surabaya,” kata Halil, Minggu (16/9/2018).

Lepas dari pembangunan jembatan, kata Halil, pihaknya telah menyiapkan berbagai peranti penunjang jika nantinya terjadi penutupan arus.

Penutupan tersebut akan dilakukan pada arus dari Semarang. Sedangkan arus dari arah Pati akan tetap dibuka. Artinya, arus dari Semarang akan dialihkan melalui sisi jembatan pertamaTanggulangin.

“Dari yang semula empat lajur, karena sisi jembatan ditutup satu maka harus berbagi hanya menjadi dua lajur dari arah berlawanan.

Maka akan terjadi kepadatan arus. Oleh karenanya, kami telah menyiapkan rambu-rambu untuk kepentingan pengendara yang akan menghindari kepadatan arus,” jelasnya. 

Sebelumnya, penutupan telah dilakukan pada Jumat (14/9/2018).

Adanya penutupan kontan membuat arus dari kedua arah mengalami kepadatan. Bahkan  sampai satu kilometer.

Penutupan tersebut tak ubahnya hanya sekadar simulasi untuk mengetahui titik kepadatan serta antisipasinya.

Diketahui, pembangunan jembatan yang berada di perbatasan antara Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus itu menelan biaya sebesar Rp 115.5 miliar. Pembangunan dilakukan di sisi sebelah utara dari jembatan dua Tanggulangin.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help