Siswa SMK PIKA Raih Prestasi Membanggakan di ASC 2018

Tiga siswa SMK PIKA Semarang menorehkan prestasi membanggakan di kancah Internasional.

Siswa SMK PIKA Raih Prestasi Membanggakan di ASC 2018
TRIBUN JATENG/HERMAWAN ENDRA
Yohanes Bayu Susmono, Ardan Fais Ramadhan, dan Bonefentura Dadang Kelvianto didampingi Kepala SMK Pika Semarang, FX. Marsono SJ. M.Pd dan Guru Pembimbing, Among Subandi berpose memperlihatkan medali Asean Skills Competition 2018, Senin (17/9). 

Laporan wartawan Tribun Jateng Hermawan Endra Wijonarko

TRIBHNJATENG.COM, SEMARANG - Tiga siswa SMK PIKA Semarang menorehkan prestasi membanggakan di kancah Internasional. Mereka adalah Yohanes Bayu Susmono, Ardan Fais Ramadhan, dan Bonefentura Dadang Kelvianto.

Ketiganya tampil apik dalam ajang Asean Skills Competition 2018, ke-12 yang diselenggarakan 31 Agustus - 4 Semptember 2018 di Bangkok, Thailand. Kompetisi ketrampilan perkayuan ini untuk tenaga muda berusia 22 tahun ke bawah.

Guru Pembimbing, Among Subandi, menjelaskan kegiatan rutin dua tahunan ini diselenggarakan untuk memacu peningkatan kualitas kompetisi tenaga muda di bidang berkayuan dari negara negara Asean. Indonesia mengikuti 22 cabang kejuruan/ketrampilan dari 26 cabang ketrampilan yang dikompetisikan.

Yohanes Bayu Susmono memperoleh medali perak di bidang kejuruan Joinery. Di kejuruan cabinet making, Ardan Fais Ramadhan memperoleh medali emas dan Bonafentura Dadang Kelvianto membawa pulang medali perak.

Dalam perolehan medali secara keseluruhan Indonesia menempati urutan kedua dengan 13 emas, enam perak, delapan perunggu, dan tujuh medalion of excellence setelah tuan rumah Thailand memperoleh 16 emas, 4 perak, 3 perunggu, dan 13 medalion of excellence.

Dari jumlah poin Indonesia lebih unggul dari Thailand karena jumlah peserta dari Indonesia lebih sedikit dan tidak semua cabang kejuruan diikuti.

Tuan rumah Thailand mengikuti 26 cabang kejuruan dengan jumlah peserta 47 orang. Indonesia mengikuti 22 cabang kejuruan dengan jumlah peserta 41 orang.

Ardan Fais Ramadhan bercerita pengalamannya mengikuti kompetisi Asean Skills Competition 2018.

Menurutnya negara peserta terberat berasal dari Malaysia, tuan rumah Thailand dan Vietnam.

Halaman
123
Penulis: hermawan Endra
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved