Jurnal Serigala Loyola

Career Day SMA Kolese Loyola, Membuka Wawasan Profesi Pilot

SMA Kolese Loyola Semarang mengadakan acara tahunan LEF (Loyola Education Fair) 2018, Jumat (7/9).

Career Day SMA Kolese Loyola, Membuka Wawasan Profesi Pilot
ISTIMEWA
SMA Kolese Loyola Semarang mengadakan acara tahunan LEF (Loyola Education Fair) 2018, Jumat (7/9). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - SMA Kolese Loyola Semarang mengadakan acara tahunan LEF (Loyola Education Fair) 2018, Jumat (7/9). 

Acara diawali dengan Career Day dengan menampilkan beberapa narasumber, baik dari alumni SMA Kolese Loyola maupun dari luar.

Vincentius Setiawan Biandaru, First Officer pesawat Airbus 320 di Batik Air, menjadi narasumber yang membuka wawasan dan menjawab keingintahuan para peserta tentang Pilot. 

Menurutnya, pilot adalah pekerjaan beresiko tinggi  yang mengambil peran penting dalam menggerakkan roda ekonomi di Indonesia saat ini. Lewat transportasi udara, masyarakat dapat berkunjung ke mana saja dan mengantar barang lebih mudah dan cepat, efisiensi waktu.

 “Tantangan utama menjadi pilot adalah mengantarkan penumpang dengan selamat sampai tujuan. Pilot bertanggung jawab atas nyawa mereka karena mereka ditunggu keluarga di rumah. Ini yang memacu saya untuk betul-betul memahami pesawatku,” ujar alumnus SMA Kolese Loyola tahun 2015.

Ketika ditanya peserta bagaimana menjadi orang sukses, Ndaru menjelaskan setiap orang mempunyai waktu sendiri. Jadi kita tidak mungkin mengikuti orang lain untuk sukses. Selama hidup kita harus berusaha semaksimal mungkin. Entah sampai kapanpun itu, pasti ada saatnya kita bakal sukses.

Hal yang paling berkesan bagi pilot yang menyukai rute pendek ini adalah saat mengetahui bahwa salah satu penumpangnya adalah Ibu Negara, Ibu Iriana, dari Jakarta ke Solo.

 “Menarik, apa yang dipaparkan oleh Ndaru. Saya yakin hal tersebut sangat membantu memberikan gambaran lingkungan kerja sebagai pilot,” ucap Aswin, moderatorpada sesi ini.

Terakhir Ndaru menyampaikan pesan bagi mereka yang ingin menjadi pilot.

“Menjadi pilot asyik, yang penting selalu mau mengembangkan diri dan memperbanyak pengetahuan. Tidak boleh ada kesalahan sama sekali saat terbang, dan ia harus cepat dan tepat dalam mengambil keputusan tanpa meninggalkan aspek keamanan bagi para penumpang. Oleh karena itu, mulailah mengasah dirimu dari sekarang,” tutur Ndaru.

Salah satu peserta mengungkapkan bahwa presentasi profesi Pilot di Career Day 2018 ini tidak sekadar membuka wawasannya tentang profesi sebagai seorang pilot, tetapi juga menyadarkannya untuk menghargai jasa yang pilot lakukan. (Reyner@Serigala Loyola)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved