Jepara Targetkan 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan di Tahun 2019

Jamban Sehat (sanitasi) Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi satu di antara hal pendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Jepara Targetkan 100% Bebas Buang Air Besar Sembarangan di Tahun 2019
bare kingkin kinamu
Kabid Kesmas Dinkes Jepara, Adi Bintoro (tengah), saat usai menjadi pembicara di Kampanye Germas Desa Bugel Jepasa, Selasa (18/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Jamban Sehat (sanitasi) Total Berbasis Masyarakat (STBM) menjadi satu di antara hal pendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Seperti bebas buang air besar menjadi faktor penentu apakah lingkungan bersih.

Pasalnya, lingkungan bersih menjadi faktor lain untuk mencegah mewabahnya penyakit.

"Di Jepara sendiri untuk bebas buang air besar masih belum berstatus Open Defication Free (ODF)/ bebas buang air besar sembarangan masih di bawah 50%. Namun kami terus melakukan pendekatan kepada masyarakat di Jepara untuk memberikan pengertian agar buang air besar di jamban dengan muara septic tank, banyak yang masih dibuang ke sungai," jelas Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Jepara, Adi Bintoro kepada Tribunjateng.com, Kamis (20/9/2018).

Dari penjelasaan Adi merubah perilaku masyarakat merupakan tantangan sendiri bagi pemerintah. Ada masyarakat yang mudah diedukasi, namun ada juga yang kesadarannya masih kurang.

Di Jepara ada 185 Desa/ Kelurahan yang masih dalam proses verifikasi untuk capai 100% ODF.

"Target kami di tahun 2019 bisa capai 100% bebas buang air besar sembarangan. Langkah untuk menuju itu kita juga meninjau warga yang tidak mampu membuatnya. Nanti bisa dibantu untuk membuat saluran sanitasi yang sehat," jelas Adi.

Dengan lingkungan yang bersih pencegahan penyakit yang disebebkan oleh kotoran tersebut bisa teratasi, selain itu jamban sehat (sanitasi) juga langkah yang baik untuk menjaga lingkungan. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved