Pemkot Semarang Sambut Tim Penilai Lomba PHBS dari Provinsi Jawa Tengah

Tia menjelaskan Kota Semarang sudah ODF meskipun masih ada 4 persen yang masih mengakses jamban.

Pemkot Semarang Sambut Tim Penilai Lomba PHBS dari Provinsi Jawa Tengah
TRIBUN JATENG/BARE KINGKIN KINAMU
Tim penilai PHBS dari Provinsi saat disambut oleh Pemerintah Kota Semarang di Balai Kota, Selasa (25/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang menyambut tim penilai dari Provinsi Jawa Tengah untuk menilai lomba posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS), dan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan di Balaikota, Selasa (25/9/2018).

Sambutan Pemkot Semarang tersebut dilakukan sebelum tim provinsi dan tim dari Kementerian Kesehatan RI menuju titik penilian.

Satu di antara beberapa tim penilai yakni dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Dalam penyambutan tim penilai, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Tia Hendrar Prihadi mengemukakan kepada Tribunjateng.com jika kerja PKK diapresiasi baik oleh Provinsi.

"Kami masih berjuang, kami tidak memberikan top down ke masyarakat namun juga memberikan jalan untuk masyarakat mengusulkan ide-ide mereka untuk membangun lingkungan," tutur Tia.

Baca: Dalam Semalam Dua Minimarket di Jalan Pantura Semarang-Kendal Dirampok

Selain itu, Tia menjelaskan Kota Semarang sudah ODF meskipun masih ada 4 persen yang masih mengakses jamban secara bersama di jamban umum dan jamban komunal.

"Capaian PHBS yang masih rendah adalah rokok, masih kurang sekali tetapi sudah dicoba untuk ditingkatkan dengan adanya Perda KTR Kota Semarang," imbuh Tia.

Selain masalah rokok, saat menyambut tim dari Provinsi Tia menjelaskan keberhasilan Kota Semarang dalam penanganan DBD dan masih adanya kendala untuk Semarang Utara terkait masalah jamban.

"Perlu teknologi sendiri untuk jamban di wilayah Semarang Utara karena terkendala lokasi berada dibawah permukaan laut dan berawa," jelas Tia saat melakukan sambutan di depan para tim penilai.

Halaman
12
Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved