Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas di Kabupaten Pekalongan Wajib Terakreditasi

Ada 10 Puskesmas di Kabupaten Pekalongan yang sudah terakreditasi, sisanya masih proses pendaftaran.

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas di Kabupaten Pekalongan Wajib Terakreditasi
Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, Mukaromah Syakoer, Saat menghadiri acara Opening Ceremony Survey Akreditasi Puskesmas untuk Puskesmas Doro I, Puskesmas Doro II dan Puskesmas Kajen II di Hotel Horison Pekalongan, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Puskesmas di Kabupaten Pekalongan diminta lebih maksimal dalam hal pelayanan, walaupun banyak Puskesmas sudah terakreditasi.

Namun, pemerintah setempat berharap puskesmas yang ada tidak hanya mengejar sebuah sertifikat, tetapi menjadikan akreditasi sebagai bentuk pelayanan nyata ke masyarakat.

Adapun data dari Dinas Kesehatan, di Kabupaten Pekalongan terdapat 10 Puskesmas yang sudah terakreditasi, dan sisanya masih dalam proses pendaftaran.

“September ini ada 6 Puskesmas akan menjalani akreditasi, dan sudah ada 10 Puskesmas yang telah mendaftarkan diri untuk akreditasi Desember mendatang. Namun 10 Puskesmas sudah terakreditasi dan mengikuti tes beberpa waktu lalu, sehingga jika semua lulus dalam akreditasi ada 26 Puskesmas se Kabupaten Pekalongan,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, Rabu (26/9/2018).

Baca: Bupati Pekalongan Lakukan Pemeriksaan Hingga ke Sekolah Terkait Maraknya Penyalahgunaan Narkoba

Adapun Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, Mukaromah Syakoer, mengatakan setelah semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Pekalongan terakreditasi, pihaknya tetap akan meninjau dan memastikan Puskesmas sesuai norma yang dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

“Kami berpesan kepada tim surveyor agar Puskesmas yang hendak diakreditasi, wajib mengutamakan pelayanannya dengan mutu yang berkualitas, berkesinambungan dan berkelanjutan karena Puskesmas merupakan pelayanan dasar. Dan kami menghimbau seluruh Kepala Puskesmas yang ada untuk menindaklanjuti apapun rekomendasi dari tim surveyor,” timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved