Udinus Semarang akan Kenalkan Aplikasi E-Macapatku ke Korea Selatan

Pengajaran akan dilakukan dengan berbasis android dengan menggunakan aplikasi Elektronik Macapat.

Udinus Semarang akan Kenalkan Aplikasi E-Macapatku ke Korea Selatan
Istimewa
Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Dian Nuswantoro (Udinus) kenalkan aplikasi E-Macapatku kepada pemuda di Korea Selatan pada 3 Oktober mendatang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Fakultas Ilmu Komputer Unversitas Dian Nuswantoro (Udinus) akan ajarkan budaya macapat kepada pemuda di Korea Selatan.

Pengajaran akan dilakukan dengan berbasis android dengan menggunakan aplikasi Elektronik Macapat Kampus Udinus (E-Macapatku).

Pengajaran tersebut bertujuan melestarikan budaya bangsa, serta untuk mengenalkan inovasi terbaru dari Udinus dengan memanfatkan karya macapat.

Penelitian E-macapatku sudah dimulai sejak tahun 2017 dengan mencari info mengenai macapat di kota Solo.

Penelitian tersebut diketuai oleh dosen Udinus Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi S.Si, M.Kom., kemudian empat anggota dosen Udinus Dr. Yohan Wismantoro S.E., M.M., Lisa Mardiana S.Sos dan Karis Widiyatmoko S.Si, M.Kom. Sedangkan untuk masalah teknis dipegang oleh Muslich, M.Kom.

Penelitian program E-Macapatku merupakan dana hibah dari Dikti Skim Penelitian Startegi Nasional Institusi (PSNI).

Baca: Foto-foto Kondisi Pantai Talise Palu Pasca Gempa Donggala yang Disertai Tsunami

Ketua penelitian E-Macapatku, Dr. Yuventius  Tyas Catur Pramudi S.Si, M.Kom mengungkapkan rasa kegelisahan dengan perkembangan budaya saat ini, terutama pada perkembangan macapat sebagai pengetahuan lisan.

Hal itu yang menjadi tujuan utama dalam pembuatan aplikasi terbaru Udinus yakni E-macapatku.

“Pengetahuan itu dibagi menjadi dua, pengetahuan lisan dan tulisan. Pengetahuan lisan kalau di era sekarang akan terlibas oleh pengetahuan tulis yang menarik dan mudah diserap oleh generasi muda,"bebernya

Orang-orang sepuh yang paham macapat tidak selamanya hidup, dan saat mereka meninggal pengetahuan lisan akan ikut hilang. Sehingga dengan emacapatku ini kami bisa menggali ilmu-ilmu yang terlisankan dan dapat ditulis kembali oleh anak-anak muda secara menarik.

Halaman
12
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved