Pemkab Tegal Mulai Terapkan Single Data System

Pemkab Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan sosialisasi Implementasi Open Data Tahun 2018

Pemkab Tegal Mulai Terapkan Single Data System
Tribun Jateng/Akhtur Gumilang
Plt Bupati Tegal, Umi Azizah saat membuka acara Sosialisasi Implementasi Open Data, di Ruang Loka Bina Cipta, Bappeda, Rabu (3/10/2018) pagi ini.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemkab Tegal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan sosialisasi Implementasi Open Data Tahun 2018, di Ruang Loka Bina Cipta, Bappeda, Rabu (3/10/2018) pagi ini.

Sosialisasi itu diperuntukan guna menjawab tantangan disruptive governance sebagai upaya pemerintah dalam mendigitalisasi kebijakan perencanaan pembangunan dan pengendaliannya melalui penggunaan data tunggal sangatlah tepat.

“Era revolusi 4.0 telah membawa kita pada peradaban dunia digital yang kental akan tren kemajuan dan kecanggihan teknologi,” ujar Plt Bupati Tegal, Umi Azizah saat membuka acara Sosialisasi Implementasi Open Data.

Di era ini, ujar Umi, banyak manfaat kepada penggunanya untuk tetap produktif dan terhubung tanpa harus terikat di satu tempat.

Dia menjelaskan, perumusan kebijakan berbasis data merupakan solusi untuk mewujudkan hasil-hasil pembangunan yang berkualitas.

Untuk itu, Umi mendukung kebijakan Single Data System sebagai upaya mewujudkan keterpaduan perencanaan pembangunan mulai dari tingkat pusat hingga desa.

Sejalan dengan itu, Pemkab Tegal melalui Diskominfo telah menyiapkan portal khusus Open Data di www.tegalkab.go.id sebagai rangkaian menuju Single Data System.

“Saya berharap, dengan dibangunnya portal ini, akses publik pada layanan data dan informasi pembangunan semakin mudah sehingga partisipasi masyarakat pada proses perencanaan pembangunan pun meningkat,” paparnya.

Menurut dia, keterbukaan informasi ini menjadi sarana untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pembangunan.

Sebagai badan publik, Pemkab berkewajiban membuka akses, menyediakan dan melayani permintaan data atau informasi secara cepat, tepat waktu, dan bebas bea.

“Saya minta kepada segenap jajaran di birokrasi Pemerintah Kabupaten Tegal maupun pemerintah desa agar selalu memegang teguh integritas, tidak korupsi ataupun menyalahgunakan kewenangannya,” pesan Umi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Tobi’in menjelaskan tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang selaras bagi aparatur pemerintah di lingkungan Pemkab Tegal.

“Supaya pelaksanaan Open Data dapat berjalan dengan baik untuk menuju Single Data System  Kabupaten Tegal,” jelasnya.(*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved