Gempa Donggala

UNS Solo Kirim Tim Tanggap Bencana ke Palu

UNS Solo Kirim Tim Tanggap Bencana ke Palu. Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan, hal ini merupakan komitmen UNS

UNS Solo Kirim Tim Tanggap Bencana ke Palu
tribunjateng/akbar hari mukti
UNS Solo Kirim Tim Tanggap Bencana ke Palu 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala menjadi perhatian sejumlah pihak baik Indonesia dan luar negeri.

Sejumlah pihak pun berbondong-bondong memberikan bantuan bagi para korban bencana alam tersebut.

Satu di antaranya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mengirim tim tanggap bencana untuk menuju ke Palu.

Rektor UNS Prof Ravik Karsidi mengatakan, hal ini merupakan komitmen UNS terhadap para korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

"Dalam mengirimkan tim ini UNS kerjasama dengan berbagai pihak. Di antaranya SAR UNS, Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Keluarga Alumni (KA) FK UNS, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Moewardi, RS Orthopedi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Sragen," paparnya, Rabu (3/10/2018).

Menurut Ravik Karsidi, tim ini dikirim ke Palu pada tadi pagi. Pada tahap pertama ini, jelasnya, ada tujuh anggota Tim Tanggap Bencana UNS yang diberangkatkan ke Palu. Jumlah tersebut terdiri dari empat orang SAR UNS, satu anggota Mapala Vagus FK UNS dan dua dokter RSUD Dr Moewardi.

Ravik berkata, tugas Tim Tanggap Bencana UNS yang dikirim ke Palu ini untuk membantu pencarian dan evakuasi kurban. Selain itu, tim juga menyalurkan bantuan Sembako serta obat-obatan yang dibutuhkan oleh para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu.
Koordinator Tim Tanggap Bencana UNS, Hartono menambahkan untuk tahap pertama ini tim awal yang dikirim ke Palu juga melakukan pemetaan wilayah di sana.

Nantinya pemetaan ini dijadikan landasan menentukan lokasi Posko Tim Gabungan UNS.
"Tim awal melakukan pencarian lokasi yang sesuai dengan kriteria UNS. Misalnya kerusakan wilayah mencapai 90 persen dan belum terjamah bantuan. Nanti kita dirikan posko," urai dia.
Pembangunan posko ini, jelas Hartono, dilakukan untuk kemudian tim ini melakukan sejumlah program lanjutan.

"Misal apa yang dibutuhkan akan kita kirim ke sana. Contohnya beras, atau butuh tikar atau selimut, akan kita kirim," katanya.

Lebih jauh, Hartono menjelaskan tim ini juga menyiapkan sejumlah program pascaevakuasi.
Di antaranya trauma healing, sanitasi, pemenuhan air bersih, pembuatan saran MCK dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh korban bencana.

Tim Tanggap Bencana UNS juga membuka donasi bagi yang ingin membantu korban. Bagi yang ingin donasi dapat terlebih dahulu mengontak nomor 08122590979 atas nama Budiyanti Wiboworini.

"Apa yang kita lakukan ini sebagai bentuk kepedulian dari institusi dan juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," terang dia. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved