Tim Gabungan Razia di Rest Area Tol Bawen, Puluhan Truk Ketahuan Over Load

Tim Gabungan Razia di Rest Area Tol Semarang-Bawen, Puluhan Truk Ketahuan Over Load dan over dimensi

Tim Gabungan Razia di Rest Area Tol Bawen, Puluhan Truk Ketahuan Over Load
tribunjateng/amanda/ist
Operasi Over Dimension dan Over Load (ODOL) oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) bersama Polisi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang di Rest Area Tol Semarang-Bawen, Kabupaten Semarang, Kamis (4/10/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Amanda Rizqyana

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Operasi Over Dimension dan Over Load (ODOL) oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) bersama Polisi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang selama dua jam di Rest Area Tol Semarang-Bawen, Kabupaten Semarang dilaksanakan Kamis (4/10/2018) pagi. Operasi yang digelar mulai pukul 9.00-11.00 WIB ini berhasil menilang 50 pelanggar pengemudi angkutan berat.

Selain kendaraan melebihi berat muatan (over load), penertiban juga dilakukan terhadap kendaraan berat yang melebihi dimensi kendaraan maupun muatan (over dimension) serta melewati masa berlaku surat ijin dimensi dan muatan atau biasa disebut KEUR dan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Asisten Manajer Pelayanan Lalu lintas TMJ, Husni Agus over load dan over dimension ini tentunya sangat berpengaruh pada faktor penunjang kelancaran, di mana kendaraan yang over load itu tentunya sering mengalami gangguan, seperti pecah ban, patah baut roda, bahkan patah as roda sehingga menjadi hambatan-hambatan di jalan.

"Operasi ODOL ini bagian dari standar keamanan dan keselamatan jalan raya, sehingga perlu untuk di jalan tol ini," ujar Agus disela kegiatan operasi ODOL.

Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Sandhi Wiedyanoe menyatakan operasi ODOL ini untuk meningkatkan ketertiban dan keselamatan lalu lintas yang mengacu aturan yang berlaku.

"Kami mengacu aturan hukum yang berlaku," ujarnya.

Sandhi menambahkan, operasi ini bagian dari sosialisasi operasi ODOL Kementerian Perhubungan.

Pada operasi ini pihaknya mengedepankan penindakan hukum.

Sandhi menyatakan penindakan hukum ini bisa berupa tilang atau menyita barang bukti yakni kendaraan.

"Tidak menutup kemungkinan kami sita barang buktinya berupa kendaraan truk misalnya," imbuhnya.

Selama pelaksanaan operasi, tim berhasil melakukan penindakan, 18 tilang jaminan kendaraan bermotor, 4 tilang jaminan STNK, 13 tilang jaminan KIR, dan 15 tilang jaminan SIM/STNK.(*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved