Bawaslu Kabupaten Tegal Minta Petahana dan Pejabat Yang Nyaleg Tidak Pakai Fasilitas Pemerintah

Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal menyebut bahwa larangan ini berlaku untuk semua pejabat publik yang kini menjadi Caleg

Bawaslu Kabupaten Tegal Minta Petahana dan Pejabat Yang Nyaleg Tidak Pakai Fasilitas Pemerintah
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal saat sosialisasi lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tegal meminta para petahana yang kembali mendaftarkan dirinya sebagai Calon Legislatif (Caleg) untuk tidak memakai fasilitas milik pemerintah.

Dalam hal ini, Bawaslu memberi perhatian khusus pada pelarangan menggunakan kendaraan milik pemerintah bagi incumbent untuk kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tegal, Ikbal Faizal menyebut bahwa larangan ini berlaku untuk semua pejabat publik yang kini menjadi Caleg.

"Jadi bagi siapapun pejabat publik yang nyaleg, diminta untuk tidak memakai fasilitas milik pemerintah, khususnya mobil untuk kampanye. Baik itu Kades, Menteri atau Ketua DPRD yang nyalon lagi sekalipun," kata Ikbal kepada Tribunjateng.com, Jumat (5/10/2018).

Menurut dia, hal itu sudah sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu). 

Berarti, kata Ikbal, para incumbent atau petahana yang nyaleg diminta untuk cuti terlebih dahulu dari jabatannya agar fasilitas negara dikembalikan.

Namun apabila belum mengajukan cuti, Ikbal meminta agar para Caleg tidak menggunakan fasilitas milik pemerintah saat waktu libur.

Selain waktu libur, para Caleg yang masih merangkap sebagai pejabat publik pun diharapkan tidak memakai fasilitas milik pemerintah saat cuti yang diberikan sekali dalam seminggu.

"Satu minggu sekali mereka (Caleg Petahana, Pejabat Publik) mendapat cuti. Plus waktu libur dua hari. Jadi, total ada tiga hari mereka libur. Biasanya dipakai kampanye. Maka dari itu, kami minta untuk tidak menggunakan fasilitas pemerintah saat hari libur maupun cuti," tegas Ikbal. (*)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved