Hadiri HUT ke-73 TNI, Wali Kota Semarang: Pameran Alutsista Tumbuhkan Kebanggaan Masyarakat

Anggota TNI Tingkat Jateng-DIY mengadakan pameran alutsista di Lanumad Ahmad Yani Semarang.

Hadiri HUT ke-73 TNI, Wali Kota Semarang: Pameran Alutsista Tumbuhkan Kebanggaan Masyarakat
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Mayor Jenderal TNI Wuryanto memimpin upacara pembukaan hari ulang tahun TNI ke 73 dan Kodam IV /Diponegoro ke 68 di eks Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis (4/10). Selain atraksi yang di lakukan oleh sejumlah prajurit TNI AD juga ada pameran alutsista akan di mulai Jumat 5 Oktober 2018 hingga Minggu 7 Oktober 2018 terbuka untuk umum dan gratis. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menegaskan pentingnya menunjukkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI kepada masyarakat.

Hal itu ia sampaikan berkaitan dengan HUT TNI ke-73 yang jatuh pada hari ini, Jumat (5/10/2018).

Anggota TNI Tingkat Jateng-DIY mengadakan pameran alutsista di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Berbagai macam jenis alutsista, seperti Heli Apache, rudal Starstreak, Tank, Panser Anoa, dan kendaraan tempur diperlihatkan di area pameran usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke-73 di lokasi yang sama.

“Saya selalu sampaikan kepada teman-teman di Kodam maupun Kodim bahwa pameran alutsista itu penting. Selain karena menunjukkan kepada masyarakat bahwa banyak kekuatan tempur kita hari ini yang sudah modern, juga menumbuhkan kebanggaan bagi masyarakat terutama bagi adik-adik kecil kita,” ujarnya kepada Tribunjateng.com pada hari yang sama.

Baca: Hendi: Taman Indonesia Kaya Bakal Jadi Ruang Seni Budaya Lokal

Dirinya menerangkan bahwa alutsista yang dimiliki TNI saat patut dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

“Hari ini jangan salah, Indonesia punya Sukhoi, F-16. Kota Semarang juga punya Heli Apache, Tank Leopard yg harus ditunjukkan ke masyarakat agar muncul kebanggaan. Saat sebuah bangsa punyapride, maka tidak akan malu untuk berkompetisi dengan negara lain dan hal ini akan membawa jatidiri bangsa,” sambung sang Wali Kota.

Ia mencontohkan saat perhelatan akbar ajang Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, yang mana para atlet dalam negeri telah mampu berkompetensi dan sejajar dengan atlet dari negara lain.

“Meskipun belum bisa nomor satu, tapi kemampuan dan semangat juang atlet kita bisa diakui oleh negara luar,” pungkas Hendi.

Terpisah, Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto menuturkan bahwa antusiasme masyarakat dalam melihat alutsista bisa dibilang luar biasa.

"Hal ini sebagai bentuk pertanggjawaban TNI kepada rakyat yang telah membiayai dan membesarkan TNI sampai hari ini," ujarnya.

Selain itu, senada dengan Hendi, tujuannya adalah agar masyarakat terutama anak-anak dapat merasa bangga dengan apa yang TNI miliki.

“Selama pameran, masyarakat dapat menikmati semua, bisa naik (alutsista) dan berfoto," pungkasnya. (*)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help