Jelang Musim Penghujan, Hendi Minta DPU Prioritaskan Pekerjaan Drainase

Menjelang musim penghujan, Hendi meminta DPU Kota Semarang untuk memprioritaskan pekerjaan terkait drainase.

Jelang Musim Penghujan, Hendi Minta DPU Prioritaskan Pekerjaan Drainase
instagram
Hendrar Prihadi atau Hendi Walikota Semarang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang musim penghujan, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang untuk memprioritaskan pekerjaan terkait drainase.

''Minggu ini Kota Semarang sudah dua kali diguyur hujan meski tidak merata. Jadi saya minta semua pekerjaan yang menyangkut drainase harus dilakukan akslerasi,'' tutur Wali Kota Semarang yang kerap disapa Hendi, Sabtu (6/10/2018).

Dia mengatakan, akan memantau kegiatan terkait drainase pada pekan depan. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan peningkatan dan normalisasi drainase dalam menghadapi musim hujan yang sebentar lagi tiba.

Selain itu, dia mengimbau warga Kota Semarang untuk melaporkan terkait drainase yang bermasalah sehingga dapat segera ditangani oleh DPU Kota Semarang, termasuk talud-talud yang rusak juga harus segera ditangani.

''Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan tiap musim hujan terjadi banjir dan tanah longsor,'' imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kabid Sumber Daya Air dan Draniase, Isworo, mengatakan, DPU Kota Semarang selalu melakukan program pengingkatan drainase apalagi menjelang musim penghujan ini. Beberapa program peningkatan drainase yang sedang dikerjakan yakni di Jalan Pahlawan, Jalan Imam Bonjol, daerah Muktiharjo Kidul, dan Sendang Mulyo.

Adapun tempat yang sangat diantisipasi menjelang musim penghujan ini, imbuhnya, saluran yang berada di tengah kota, satu diantaranya yakni di Jalan Pahlawan Simpanglima.

"Kalau progresnya Alhamdulillah plus semua. Dari progres rencana itu semua melebihi target yang sudah kami tetapkan. Yang di Simpanglima progresnya sudah dua kali lipat. Hingga minggu ini sudah mencapai 20 persen," tutur Isworo, Sabtu (6/10).

Menurutnya, progres tersebut tergolong cepat. Pasalnya sesuai jadwal, program peningkatan drainase di Jalan Pahlawan seharusnya baru memasuki enam persen. Dia mengaku saluran tersebut memang harus cepat diselesaikan dan targetnya pada bulan November sudah selesai.

Lanjut Isworo, DPU Kota Semarang tidak hanya fokus pada daerah kota. Pihaknya tetap melakukan peningkatan drainase di semua saluran maupun sungai dengan melakukan pembersihan secara terjadwal.

DPU Kota Semarang berusaha selalu menangani permintaan dan laporan masyarakat terkait drainase yang bermasalah seperti pembersihan sedimen dan pengerukan sampah-sampah yang ada di saluran.

"Seperti di Erlangga Barat kami gali pakai alat berat. Untuk penanganan seumpama ada banjir di Mangkang sudah kami siapkan pendalaman muara. Kami terus berlanjut tidak ada berhentinya. Begitu ada laporan dari masyarakat, langsung kami cek lokasi dan tangani langsung," jelas Isworo. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help