Relokasi Terminal BBM Pertamina Tegal Diharapkan Berdampak Positif Terhadap Daerah Sekitar

PT Pertamina (Persero) melakukan relokasi Terminal BBM Tegal. Terminal ini melayani pasokan BBM di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - PT Pertamina (Persero) melakukan relokasi Terminal BBM Tegal. Terminal ini melayani pasokan BBM di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan yakni dari Brebes hingga Batang.

Awalnya, Terminal BBM Tegal berlokasi di Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal kemudian direlokasi ke Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.

Sekda Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, menuturkan pengembangan terminal BBM ini diharapkan dapat mengembangkan daerah sekitar lokasi relokasi yakni Desa Munjungagung.

"Relokasi ini memang menguntungkan Kabupaten Tegal. Bisa dari investasi, perizinan, dan pengembangan daerah sekitar," kata Joko, Senin (8/10/2018).

Munjungagung berada di pantura jalur Tegal- Semarang. Wilayahnya terkesan sepi. Di lokasi itu, jarang pemukiman penduduk, hanya ada beberapa pabrik.

Joko menuturkan dengan adanya pembangunan terminal BBM Pertamina, masyarakat terkena dampak positif.

"Mungkin nanti bisa saja ada pelabuhan dibangun untuk bersandar kapal tangker karena lokasinya dekat dengan laut, siapa tau kan?. Sehingga, daerah situ bisa ramai," ujarnya.

Dengan adanya pengembangan itu, perlintasan kereta api menuju terminal BBM juga pastinya akan dibangun. Mengingat adanya distribusi BBM menggunakan kereta api dari kilang Pertamina Cilacap.

Saat ini, pembangunan Terminal BBM Tegal di lokasi baru itu sedang proses pembangunan dan Dibangun di tanah milik Pertamina.

Sementara, Area Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari, mengatakan pembangunan Terminal BBM Tegal baru itu karena adanya pengembangan terminal.

"Pengembangan Terminal BBM ke lokasi baru agar dapat melayani kebutuhan BBM yang semakin meningkat. Saat ini tengan proses pembangunan," ucapnya ketika dihubungi melalui pesan tertulis.

Kemudian, terminal BBM yang lama di Kota Tegal, kata dia, tetap digunakan untuk mengoptimalkan dan menunjang operasional perusahaan.(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help