Beri Penghargaan ke Pemerhati UMKM, UNS Solo Gelar 7th UNS SMEs Summit & Awards 2018

UNS Solo juga akan memberikan penganungerahan kepada sejumlah insan dan institusi yang fokus terhadap pengembangan UMKM di Indonesia

Beri Penghargaan ke Pemerhati UMKM, UNS Solo Gelar 7th UNS SMEs Summit & Awards 2018
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Heru Irianto (kanan) saat jumpa pers di kampus UNS Solo, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sebagai kampus yang memiliki fokus pada pengembangan UMKM, segera menggelar 7th UNS SMEs Summit and Award 2018.

Di event itu, pihak UNS Solo juga akan memberikan penganungerahan kepada sejumlah insan dan institusi yang fokus terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Rektor UNS, Ravik Karsidi menuturkan bila event tahunan ini diselenggarakan untuk memberi penghargaan ke pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya dalam memberdayakan UMKM.

Menurutnya kegiatan ini bermaksud agar masyarakat bisa memanfaatkan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM.

"Melalui ini juga jadi sarana membangun kerjasama dan sinergitas pemangku kepentingan, termasuk lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM dalam pemberdayaan UMKM," papar Ravik saat jumpa pers di kampus setempat, Solo, Selasa (9/10/2018).

Menurutnya dalam kegiatan tersebut ada berbagai macam kegiatan yang dilakukan. Di antaranya pameran produk UMKM, seminar, talkshow UMKM dan pemberian penganugerahan.

Menurut Ravik, untuk pameran produk akan diselenggarakan pada 10 sampai 12 Oktober 2018 di Auditorium UNS Solo.

Sedangkan untuk seminar internasional diselenggarakan pada 11 Oktober 2018 di hotel UNS Inn Solo.

Lalu untuk Talkshow UMKM dilangsungkan pada 12 Oktober 2018 di Auditorium UNS Solo.

Ketua Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM) LPPM UNS Solo, Heru Irianto menambahkan, penganugerahan kepada sejumlah insan dan institusi oleh UNS Solo akan dilakukan pada 13 Oktober 2018.

Dalam penganugerahan ini, UNS Solo menyeleksi 11 kategori.

Di antaranya Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik, Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan Swasta Aneka Tambang Pelaksana CSR Pengembang UMKM Terbaik, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Zero Waste, BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Ekonomi Kreatif, Perusahaan Swasta Peternakan Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik

Kemudian Perusahaan Swasta Convenience Good Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN Industri Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik, Perusahaan BUMN telekomunikasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik dan Perorangan Peduli Pengembangan UMKM Terbaik Dharma Krida Bareya Adikarya Anugraha.

"Salah satu yang akan mendapatkan penghargaan ini adalah Kepala Bekraf Triawan Munaf," paparnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved