Gempa dan Tsunami Palu, Warga Solo Kirim Ratusan Kilo Pakan Kucing dan Obat-obatan

Maka sejumlah warga Solo, pecinta dan pemerhati kucing dan anjing di Solo pun memberikan donasi bagi kucing dan anjing tersebut

Gempa dan Tsunami Palu, Warga Solo Kirim Ratusan Kilo Pakan Kucing dan Obat-obatan
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Pengepakan pakan kucing sebelum dikirimmelalui paket kargo via DKI Jakarta di Rumah Difabel Meong, Solo, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Tak cuma manusia yang menjadi korban terdampak gempa dan tsunami di Palu dan Donggala baru-baru ini. Tetapi juga binatang yang hidup di tempat tersebut menjadi korban gempa dan tsunami.

Maka sejumlah warga Solo, pecinta dan pemerhati kucing dan anjing di Solo pun memberikan donasi bagi kucing dan anjing tersebut.

Tak tanggung-tanggung, mereka mengirim total 103 kg pakan kucing dan anjing ke lokasi bencana, terutama Palu Sulawesi Tengah.

Ratusan pakan kucing dan anjing ini selanjutnya dikemas per satu kilogram dan dikirimkan melalui paket kargo via DKI Jakarta.

Pengemasan pakan anjing dan kucing ini dilakukan di Rumah Difabel Meong, Solo, Selasa (9/10/2018).

Tomy Kristanto, Ketua Rumah Difabel Meong menerangkan, selain Palu, pengiriman juga dilakukan untuk hewan piaraan korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Ada 103 kg pakan yang akan kami kirimkan ke Palu hari ini. 93 kg untuk pakan kucing dan 10 kg untuk pakan anjing. Juga obat-obatan bagi hewan. Kita kirim melalui kargo nasional via Jakarta," terangnya di sela kegiatan.

Menurutnya, kegiatan itu dilakukan untuk memperingati hari satwa sedunia.

Tomy mengapresiasi antusiasmw warga yang mengirimkan donasi, beripa uang atau pakan.
Ia pun menjelaskan saat bencana Lombok, pemberian donasi bagi kucing dan anjing juga pihaknya lakukan.

Tetapi menurutnya dibandingkan dengan donasi saat bencana Lombok, jumlah donatur kali ini mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat.

"Donaturnya tidak hanya dari Solo, tapi ada dari Jambi dan Kalimantan. Mereka rata-rata transfer uang. Ada juga uang yang akan kita belikan obat-obatan untuk kucing besar," paparnya.

Sesampainya di tempat tujuan, ia menuturkan pakan dan obat akan dikoordinir oleh pengurus yang ada di Palu.

"Selanjutnya mereka yang bertugas mendistribusikan pakan dan obat-obatan ini," urainya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help