Stasiun Prupuk Tegal Kembali Beroperasi Layani Penumpang

Stasiun Prupuk merupakan percabangan antara jalur kereta api Cirebon- Prupuk dengan jalur Tegal- Prupuk

Stasiun Prupuk Tegal Kembali Beroperasi Layani Penumpang
Tribunjateng.com/Mamdukh Adi Priyanto
Sepeda motor melintas di jalur ganda dekat Stasiun Kereta Api Prupuk Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal baru- baru ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SLAWI - Stasiun Prupuk Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal rencananya akan kembali dioperasikan untuk melayani penumpang.

Sejumlah kereta direncanakan akan berhenti di stasiun kecil tersebut.

Sebelumnya, stasiun yang berada di wilayah PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto itu hanya untuk persilangan dan susulan antar-kereta api.

"Dalam rangka mengakomodir pasar di wilayah sekitar Stasiun Prupuk, memang beberapa perjalanan kereta api akan berhenti. Selama ini, kereta hanya berjalan langsung atau hanya lewat," kata Manajer Humas Daop 5, Supriyanto ketika dihubungi, Selasa (9/10/2018).

Ia menerangkan, untuk keperluan pengoperasian stasiun, sarana prasarana penunjang operasional untuk melayani naik turun penumpang sudah disiapkan sejak akhir September 2018 kemarin.

Sarana dan prasaran yang dimaksud antara lain loket, perangkat penjualan tiket, petugas loket, boarding. Selain itu, juga disiapkan kelengkapan fasilitas penumpang lainnya, semisal akses keluar masuk stasiun, toilet, dan lain- lain.

"Semua sarana penunjang sudah kami lengkapi dan benahi," tuturnya.

Awalnya, program awal pengoperasian akan dilakukan 1 Oktober kemarin. Namun, karena masih ada kendala, pengoperasian diundur menunggu keputusan dari kantor PT KAI pusat.

"Beberapa kendala kemarin belum ada loket, petugas loket, komputer dan bancik serta boarding. Sudah kami lengkapi saat ini," jelas Supriyanto.

Saat ini, pihaknya sudah melakukan pengajuan ke pusat dan menunggu keputusan.

"Belum ada info dari pusat. Semoga saja bisa segera terealisasi," imbuhnya.

Stasiun Prupuk merupakan percabangan antara jalur kereta api Cirebon- Prupuk dengan jalur Tegal- Prupuk.

Perlintasan kereta api dari Jakarta dan Semarang yang menuju ke wilayah selatan semisal Purwokerto, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo akan bertemu di titik stasiun ini.

Di dekat stasiun ini, yakni beberapa ratus meter ke utara dari stasiun terdapat gudang dan area bongkar muat pupuk milik PT Pupuk Sriwidjaja yang menggunakan moda transportasi kereta untuk distribusi.  (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help