USAID Jalin Berikan Saran 3 Gerakan Nyata Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng

Pemprov Jateng, Dinkes Provinsi, dan the U.S. Agency for International Development (USAID) Jalin mengadakan lokakarya Streering Committee

USAID Jalin Berikan Saran 3 Gerakan Nyata Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng
TRIBUN JATENG/BARE KINGKIN KINAMU
USAID Berikan Saran 3 Gerakan Nyata Jateng Gateng Nginceng Wong Meteng 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu
TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemprov Jateng, Dinkes Provinsi, dan the U.S. Agency for International Development (USAID) Jalin mengadakan lokakarya Streering Committee untuk peningkatan keselamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Jawa Tengah, Selasa (9/10/2018).

Acara ini dihadiri oleh berbagai lintas sektor pemerintahan dan swasta. Mulai dari Dinkes Jateng, Bappeda hingga swasta.

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar mengemukakan terkait progam Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng.

Acara ini berlangsung di Wisma Perdamaian Jalan Imam Bonjol No. 209 mulai pukul 09.00 WIB hingga sore hari.

"Ini merupakan kerjasama kami untuk mendukung progam pemerintah jawa tengah, untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi baru lahir di jawa tengah," tutur Konsultan USAID Jalin, Budihardja kepada Tribunjateng.com, Selasa (9/10/2018).

Kepada Tribunjateng.com Budihardja mengemukakan peran USAID Jalin untuk menyediakan data, mendampingi, menyumbang pikiran, dan menyarankan pemerintah untuk mengambil beberapa solusi serta keputusan.

Progam pemerintah Jawa Tengah tentang Jateng Gayeng Ngisi Wong Meteng ini merupakan cara untuk merangkul banyak pihak berempati kepada perempuan dan ibu hamil.

"Progam Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng ini sangat luar biasa. Maka harus diikuti gerakan yang nyata, oleh karena itu semua pihak harus dilibatkan," tutur Budihardjo.

Berikut ini cara yang dilakukan untuk menyukseskan Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng:
1. Perencanaan yang baik
Untuk menyukseskan progam Jateng Gayeng Wong Meteng harus memiliki perencanaan yang baik. Bagaimana input, proses dan outputnya harus dilakukan dengan tepat.

2. Mekanisme yang Jelas
"Untuk menyukseskan inu harus ada sistem untuk mencapai cara meningkatkan keselamatan ibu dan bayi baru lahir," tutur Budihardja.

3. Penggeraknya harus dari beberapa lapisan
"Penggerak untuk ini harus dari semua lapisan, USAID Jalin wajib mengingatkan ini dan mendampingi pemerintah," jelas Budihardja.

Pendataan yang detail beserta analisisnya sudah dilakukan oleh USAID Jalin mulai hari ini hingga tiga tahun ke depan.

Dalam forum ini dibagi ke dalam tiga kelompok diskusi untuk memecahkan masalah terkait kesehatan ibu hamil.

Dalam hasil diskusi, Dinkes Provinsi Jateng memaparkan tugas Steering Committe untuk memantau KIA dan memfasilitasi pertemuan penyedia layanan kepada sektor swasta. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved