Wali Kota Semarang Dorong Smart City Agar Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Cepat

Pemerintah Kota Semarang terus berupaya menjadikan Kota Semarang sebagai bagian dari smart city.

Wali Kota Semarang Dorong Smart City Agar Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Cepat
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyampaikan paparan dan sambutan dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang developing an actionable smary city roadmap di Situation Room Balai Kota Semarang, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang terus berupaya menjadikan Kota Semarang sebagai bagian dari smart city. Pasalny, di tengah kemajuan Kota Semarang yang begitu pesat masih ada kendala terkait validasi data.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebutkan, data kurang valid yang dimiliki Pemkot Semarang di antaranya data terkait angka kemiskinan dan terkait jumlah pelanggan PDAM.

Tidak hanya itu saja, Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak laporan aduan masyarakat yang tidak sesuai kenyataan.

"Kami seringkali kewalahan ketika sedang melakukan pengecekan di lapangan terkait dengan laporan yang masuk baik melalui Lapor Hendi maupun Call Center 112. Dalam sehari, Call Center 112 menerima sebanyak 500-600 aduan. Namun, saat dilakukan pengecekan, hanya 30 persen saja yang valid," katanya usai membuka Forum Group Discussion (FGD) tentang developing an actionable smary city roadmap di Situation Room Balai Kota Semarang, Selasa (9/10/2018).

Atas daaar tersebut, Hendi berpikir bagaimana menjadikan Kota Semarang sebagai kota yang cerdas.

Maksudnya, dalam hal ini juga harus menata masyarakat supaya menjadi masyarakat yang paham dan bisa menerima kemajuan untuk pengembangan dan pembangunan Semarang menjadi lebih baik dan hebat.

Oleh karenanya, Hendi mengatakan, mendorong segera terwudnya smart city.

Baginya, smart city merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari lagi pada masa sekarang. Smart City justru menjadi sebuah hal yang harus diwujudkan di Kota Semarang.

"Dengan menjadi smart city, pelayanan semakin meningkat dan lebih cepat karena ada terobosan kreatif dengan memakai kemajuan teknologi informasi. Saya rasa smart city sudah menjadi hal mutlak yang harus dilakukan oleh para pimpinan daerah di Indonesia ini," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help